Seberapa Buas Performa Mazda CX-5 GT Model 2021

Kompas.com - 29/05/2021, 07:22 WIB
Test drive Mazda CX-5 GT model 2021 KOMPAS.com/RulyTest drive Mazda CX-5 GT model 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyempurnaan pada sport utility vehicle (SUV) kompak Mazda CX-5 GT menjadi angin segar tersendiri bagi pecintanya di dalam negeri. Sebab, mobil kini menjadi lebih modern, kencang, dan hemat bahan bakar.

Memang di atas kertas mobil tidak memiliki perubahan dapur pacu, tetap dibekali mesin berteknologi SKYACTIV-G 4-silinder berkapasitas 2,5 liter.

Tapi, adanya settingan baru dengan ditambahkan teknologi cylinder deactivation, mesin ini mengalami peningkatan daya yakni 194 dk dan torsi puncak 256 Nm.

Baca juga: Konsumsi BBM Mazda CX-5 GT Model 2021 buat Dalam Kota

Mazda CX-5 kini punya fitur cylinder deactivation, yang memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan. Dok. EMI Mazda CX-5 kini punya fitur cylinder deactivation, yang memungkinkan mesin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin 4-silinder yang digunakan.

Hal tersebut terbukti saat tim Kompas.com melakukan pengetesan beberapa waktu lalu. Mazda CX-5 GT terasa lebih responsif dari model sebelumnya terutama di jalur perkotaan yang cukup padat.

Mode D pada transmisi ini mampu menerjemahkan keinginan pedal gas, sesuai injakan pengemudi. Tidak hanya bermanuver saat akan putar arah dan belok.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apalagi saat memasuki putaran tengah, sekitar 2.500-3.000 rpm. Terasa tenaganya lebih mengisi. Padahal, mode berkendara masih pada posisi normal (smart).

Lebih rinci, kami melakukan race logic untuk melihat secara detil dan spesifik performa CX-5 GT. Berdasarkan pengetesan, akselerasi dari 0-60 kpj tercatat hanya membutuhkan waktu 6 detik saja.

Sementara untuk mendapatkan kecepatan 100 kpj, bukan masalah besar. Tercatat, dari 0-100 kpj mobil memerlukan waktu 11,5 detik. dan perlambatan (0-100-0) 28,3 detik.

Baca juga: I-Activsense di Mazda CX-5 GT Facelift, Menekan Risiko Kecelakaan

Race logic Mazda CX-5 GTKOMPAS.com/Ruly Race logic Mazda CX-5 GT

Jika memerlukan tenaga lebih besar, bisa aktifkan mode sport. Nah di mode ini, mesin tambah responsif dan agresif, tampak tidak ada turbo lag sama sekali.

Khusus untuk kenyamanannya sendiri, kami merasa tidak ada gejala limbung yang mengganggu. Pun demikian mengenai kekedapan alias noise ketika di kecepatan menengah (60-80 kpj).

Lantas apakah mobil ini pantas untuk dilirik bagi pecinta SUV kompak? Semua kembali kepada kebutuhan konsumen masing-masing, hanya saja dengan harga jual Rp 548 juta nampaknya Anda harus menjajal langsung CX-5 GT terbaru ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X