Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota GR Yaris Terpergok Lagi Uji Coba, SPK Sudah Tembus 600 Unit

Kompas.com - 28/05/2021, 18:30 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) telah membuka keran pemesanan GR Yaris pada 25 Maret yang lalu. Semenjak itu, animo masyarakat Indonesia terbilang sangat antusias dengan hatchback yang diimpor secara utuh dari Jepang ini.

Bahkan ketika GR Yaris terpantau tengah melakukan uji coba dalam balutan kamuflase baru-baru ini, para penggemar otomotif dengan mudah bisa mengetahuinya.

Seperti salah satunya Oktavianus Marbun (21), pemilik akun Instagram @oktavianusmarbun, yang mengunggah Instagram Story yang kemudian viral di internet.

Oktavianus mengatakan, dirinya mengambil gambar tersebut di Tol Layang Jakarta-Cikampek pada Kamis, 27 Mei 2021.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Toyota GR Yarisglobal.toyota Toyota GR Yaris

"Awalnya lihat di depan ada mobil tapi warnanya gak kayak warna pada umumnya, ternyata itu mobil kamuflase masih distiker," ujar Oktavianus kepada Kompas.com (28/5/2021)

“Terus lihat bagian belakang mobilnya, langsung ketebak aja itu GR Yaris yang waktu itu lagi ramai dibicarakan. Mobilnya kecepatan standar, karena kan itu di jalan Tol Japek, jadi menjaga kecepatan juga,” kata dia.

Menanggapi munculnya spyshot GR Yaris, Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, pemesanan hatchback tersebut telah dihentikan.

Baca juga: Resmi, Polisi Harus Bawa Alat Ukur Saat Razia Knalpot Bising

Ilustrasi NJKB GR YarisLampiran Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 Ilustrasi NJKB GR Yaris

Mengingat sebelum resmi diluncurkan ke Tanah Air, ternyata sudah banyak konsumen Indonesia yang memburunya. Padahal unit yang dikirim ke Indonesia dan diproduksi di Jepang pun terbatas.

“Iya, SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sudah tidak masuk. Saat ini SPK di atas 600 unit, jadi enggak bisa semua dapat,” ujar Anton, kepada Kompas.com (28/5/2021).

Sebelumnya, Anton juga mengatakan bahwa pihaknya bakal memikirkan alokasi unit yang terbatas untuk para konsumen. Salah satu ide yang tercetus dengan mengundi dan mendahulukan berdasarkan urutan antrean.

Baca juga: Pengguna Motor Listrik Bakal Punya SIM C Khusus

Toyota GR Yarisglobal.toyota Toyota GR Yaris

Menurutnya, ludesnya GR Yaris sama seperti Innova Limited Edition, yang begitu dibuka pemesanannya langsung habis terjual.

Adapun mengenai waktu peluncuran GR Yaris, Anton masih enggak membocorkan waktunya. Namun diprediksi pada kuartal ketiga tahun ini.

“(Waktu peluncuran) nanti kita informasikan, sekarang masih persiapan,” kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com