Tol Cijago Lanjut Konstruksi, Akses Kukusan – Cinere Siap Tersambung

Kompas.com - 28/05/2021, 18:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi (Cijago) Seksi 3, Kukusan - Cinere sepanjang 5,44 km.

Ruas tol ini bakal meningkatkaan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang - Bekasi (Jabodetabek).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan, sebelumnya Tol Cijago untuk Seksi 1 telah beroperasi tahun 2012 dan Seksi 2 telah beroperasi 2019.

Baca juga: Resmi, Polisi Harus Bawa Alat Ukur Saat Razia Knalpot Bising

Tol Cijago Seksi 3, membuat Cinere-Kukusan tersambung.Dok. Kementerian PUPR Tol Cijago Seksi 3, membuat Cinere-Kukusan tersambung.

“Artinya sudah hampir 10 tahun, bukan berarti kita lambat akan tetapi pembangunan di perkotaan tantangannya lebih banyak dan lebih besar terutama masalah pembebasan tanah,” ujar Basuki, dalam keterangan resminya, Jumat (28/5/2021).

“Kalau masalah pembebasan tanah cepat pembangunan infrastrukturnya akan jauh lebih cepat,” kata dia.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cijago membentang sepanjang 14,7 km terdiri 3 (tiga) Seksi. Seksi 1 menghubungkan Jagorawi-Jalan Raya Bogor sepanjang 3,7 km telah beroperasi Januari 2012.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Basuki Hadimuljono saat meresmikan ground breaking Tol Cijago Seksi 3Dok. Kementerian PUPR Basuki Hadimuljono saat meresmikan ground breaking Tol Cijago Seksi 3

Sedangkan Seksi 2 menghubungkan Jalan Raya Bogor - Kukusan sepanjang 5,5 kilometer telah beroperasi September 2019 lalu.

Kemudian Seksi 3 Kukusan - Cinere sepanjang 5,44 km (Ruas Cinere – Limo) ditargetkan akan beroperasi pada Februari 2022 dan untuk Ruas Kukusan - Limo pada Juni 2022.

Saat ini progres pembebasan lahan telah mencapai 70,16 persen. Adapun biaya investasi sebesar Rp. 3,2 triliun dan biaya konstruksi sebesar Rp 1,2 triliun.

Baca juga: Bolehkah Oli Mobil Dipakai di Sepeda Motor?

Truk-truk pengangkut tanah terparkir di sekitar area pembangunan Tol Cijago Seksi 3.Dok. Kementerian PUPR Truk-truk pengangkut tanah terparkir di sekitar area pembangunan Tol Cijago Seksi 3.

Jalan Tol Cijago merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, yang terdiri atas ruas Cengkareng - Kunciran sepanjang 15,2 km, Kunciran - Serpong sepanjang 11,2 Km, dan Serpong - Cinere sepanjang 10,1 km.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.