Konsumsi BBM Mazda CX-5 GT Model 2021 buat Dalam Kota

Kompas.com - 27/05/2021, 16:41 WIB
Test drive Mazda CX-5 GT model 2021 KOMPAS.com/RulyTest drive Mazda CX-5 GT model 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda CX-5 GT facelift hadir dengan berbagai penyempurnaan di berbagai aspek tertentu, baik desain, fitur keamanan dan hiburan, serta performanya.

Secara kapasitas dapur pacu, memang tidak ada perubahan yakni tetap membenamkan mesin 1.500 cc dengan 4-silinder. Tapi, mesin tersebut telah dibenamkan teknologi baru, Cylinder Deactivation.

Sehingga, bisa meningkatkan efisiensi dari konsumsi bahan bakar minyak (BBM) karena memungkinkan 2 dari 4 silinder di mesin bisa dinonaktif dalam kondisi tertentu.

Baca juga: Mazda CX-5 GT Menyajikan Tampilan Desain yang Lebih Menawan

Test drive Mazda CX-5 GT model 2021KOMPAS.com/Ruly Test drive Mazda CX-5 GT model 2021

Sebagai contoh, saat mobil sedang melaju di kecepatan menengah dengan kontur jalan yang datar silinder 1 dan 4 tidak disemprotkan BBM dan tak ada api dari busi. Jadi, tidak terjadi pembakaran.

Hal tersebut kerap terasa ketika tim Kompas.com melakukan tes di dalam kota dengan berbagai kondisi jalan, yaitu wilayah perkotaan, jalan bebas hambatan, sampai jalur yang cukup terjal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi di wilayah yang terjal, Cylinder Deactivation tampak terasa tidak berkerja secara intens. Sebaliknya, ketika memasuki wilayah perkotaan, kami merasakan perpindahan pengaktifan silindernya.

Baca juga: Mazda Indonesia Pastikan Napas CX-3 dan Mazda6 Masih Panjang

Interior Mazda CX-5 GTKOMPAS.com/Ruly Interior Mazda CX-5 GT
 

Meski sering terjadi pemutusan pembakaran pada salah satu atau dua silinder, akselerasi atau respons mesin terhadap pedal gas bisa dibilang cukup responsif.

Ini nampaknya sejalan dengan adanya peningkatan tenaga dan torsi pada CX-5 GT usai diberikan penyesuaian menjadi 194 dk dan torsi 250 Nm.

Kemudian tenaganya semakin mengisi saat mobil memasuki putaran tengah atau sekitar 2.000 rpm sampai 3.000 rpm.

Jika Anda memerlukan tenaga lebih besar, bisa aktifkan mode sport. Nah di mode ini, mesin tambah responsif dan agresif, tampak tidak ada turbo lag sama sekali.

Baca juga: I-Activsense di Mazda CX-5 GT Facelift, Menekan Risiko Kecelakaan

Konsumsi BBM Mazda CX-5KOMPAS.com/Ruly Konsumsi BBM Mazda CX-5
 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.