Uji Performa Honda All New CB150R StreetFire di Jalan Raya

Kompas.com - 27/05/2021, 09:42 WIB
Honda All New CB150R StreetFire Kompas.com/DonnyHonda All New CB150R StreetFire

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda All New CB150R StreetFire memiliki tampilan layaknya big bike. Aura naked bike juga makin terasa berkat posisi berkendaranya.

Fiturnya mungkin bisa dikatakan cukup sederhana alias tidak ada yang benar-benar istimewa. Soal performa mesin, motor ini dibekali dengan mesin yang sama seperti generasi sebelumnya.

Motor bergaya streetfighter ini menggunakan mesin DOHC, 4 langkah, 4 katup, dengan kapasitas 149,16 cc. Diameter pistonnya berukuran 57,3 mm dan langkahnya 57,843 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,3:1.

Baca juga: Intip Fitur Unggulan Honda All New CB150R StreetFire

Tenaga yang dihasilkan mencapai 16,6 tk pada putaran 9.000 rpm dan torsi maksimum hingga 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 6-percepatan.

Mesin Honda All New CB150R StreetFireKompas.com/Donny Mesin Honda All New CB150R StreetFire

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pengetesan kali ini, test rider Kompas.com memiliki postur tinggi badan 157 cm dan berat 58 kg. Dengan postur tersebut, masih dapat menguasai motor dengan cukup baik, meskipun harus jinjit.

Tapi, saat melaju, All New CB150R StreetFire ini bisa dikatakan cukup ringan dan lincah. Diajak bermanuver pun juga percaya diri berkat penggunaan setang lebar, serta ban depan dan belakangnya yang juga berukuran cukup lebar.

Baca juga: Jajal Posisi Berkendara Honda All New CB150R StreetFire

Untuk tarikannya sendiri, akselerasi yang dihasilkan pun cukup responsif. Tenaganya di putaran bawah cukup padat. Untuk kecepatan maksimumnya tidak memungkinkan untuk diuji, karena pengetesannya dilakukan di jalan raya.

Suspensi upside down Honda All New CB150R StreetFireKompas.com/Donny Suspensi upside down Honda All New CB150R StreetFire

Generasi terbaru All New CB150R StreetFire sudah dilengkapi dengan suspensi depan model upside down dari Showa dengan tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP).

Suspensi ini mampu meredam getaran dengan baik. Saat pengereman dan menikung juga suspensi depan maupun belakangnya dapat mendukung manuver. Saat kecepatan tinggi, motor juga lebih stabil.

Undercowl Honda All New CB150R StreetFireKompas.com/Donny Undercowl Honda All New CB150R StreetFire

Sayangnya, untuk suspensi belakangnya tidak ada pengaturan untuk preload. Jadi, harus bisa ikhlas menerima jika ternyata suspensinya dirasa kurang nyaman bagi sebagian orang. Namun, suspensi standar ini masih cukup empuk.

Baca juga: Menakar Konsumsi BBM Daihatsu Sirion Facelift

Honda All New CB150R StreetFireKompas.com/Donny Honda All New CB150R StreetFire

Mesin All New CB150R StreetFire sama seperti yang digunakan pada All New CBR150R. Penggunaan kick starter juga sudah ditinggalkan. Tapi, getarannya cukup terasa pada motor ini saat putaran tinggi.

Selain itu, mesinnya juga tidak dibekali dengan fitur Assist and Slipper Clutch. Memang fitur tersebut tidak terlalu berpengaruh pada motor ini. Sebab, engine brake yang dimiliki mesin ini masih cukup halus.


Honda membanderol All New CB150R StreetFire ini dengan harga Rp 29,7 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Standard dan Rp 30,7 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Special Edition (SE).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.