Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Performa Honda All New CB150R StreetFire di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda All New CB150R StreetFire memiliki tampilan layaknya big bike. Aura naked bike juga makin terasa berkat posisi berkendaranya.

Fiturnya mungkin bisa dikatakan cukup sederhana alias tidak ada yang benar-benar istimewa. Soal performa mesin, motor ini dibekali dengan mesin yang sama seperti generasi sebelumnya.

Motor bergaya streetfighter ini menggunakan mesin DOHC, 4 langkah, 4 katup, dengan kapasitas 149,16 cc. Diameter pistonnya berukuran 57,3 mm dan langkahnya 57,843 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,3:1.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 16,6 tk pada putaran 9.000 rpm dan torsi maksimum hingga 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 6-percepatan.

Dalam pengetesan kali ini, test rider Kompas.com memiliki postur tinggi badan 157 cm dan berat 58 kg. Dengan postur tersebut, masih dapat menguasai motor dengan cukup baik, meskipun harus jinjit.

Tapi, saat melaju, All New CB150R StreetFire ini bisa dikatakan cukup ringan dan lincah. Diajak bermanuver pun juga percaya diri berkat penggunaan setang lebar, serta ban depan dan belakangnya yang juga berukuran cukup lebar.

Untuk tarikannya sendiri, akselerasi yang dihasilkan pun cukup responsif. Tenaganya di putaran bawah cukup padat. Untuk kecepatan maksimumnya tidak memungkinkan untuk diuji, karena pengetesannya dilakukan di jalan raya.

Generasi terbaru All New CB150R StreetFire sudah dilengkapi dengan suspensi depan model upside down dari Showa dengan tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP).

Suspensi ini mampu meredam getaran dengan baik. Saat pengereman dan menikung juga suspensi depan maupun belakangnya dapat mendukung manuver. Saat kecepatan tinggi, motor juga lebih stabil.

Sayangnya, untuk suspensi belakangnya tidak ada pengaturan untuk preload. Jadi, harus bisa ikhlas menerima jika ternyata suspensinya dirasa kurang nyaman bagi sebagian orang. Namun, suspensi standar ini masih cukup empuk.

Mesin All New CB150R StreetFire sama seperti yang digunakan pada All New CBR150R. Penggunaan kick starter juga sudah ditinggalkan. Tapi, getarannya cukup terasa pada motor ini saat putaran tinggi.

Selain itu, mesinnya juga tidak dibekali dengan fitur Assist and Slipper Clutch. Memang fitur tersebut tidak terlalu berpengaruh pada motor ini. Sebab, engine brake yang dimiliki mesin ini masih cukup halus.


Honda membanderol All New CB150R StreetFire ini dengan harga Rp 29,7 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Standard dan Rp 30,7 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Special Edition (SE).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/27/094200715/uji-performa-honda-all-new-cb150r-streetfire-di-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke