Marc Marquez Ungkap Masalah Honda di Musim Ini

Kompas.com - 27/05/2021, 08:42 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP) PIERRE-PHILIPPE MARCOUMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

MUGELLO, KOMPAS.com - Marc Marquez menilai masalah teknis Honda RC213V 2021 dikarenakan pengembangan motor terhambat yang sebab tidak ada pebalap cepat di lintasan.

Pernyataan Marc tersebut merujuk pada dirinya sendiri. Kemenangan terakhir Honda ialah pada 2019. Pada 2020 sejak Marc cedera belum ada pebalap Honda yang menang balapan.

Baca juga: Indonesian Envoy to India Dies of Covid-19

"Segalanya menjadi lebih sulit ketika pebalap yang sangat cepat hilang," kata Marc mengutip Motorsport-Total.com, Kamis (27/5/2021).

Alex Marquez dengan livery tim satelit LCR HondaDok. LCR Alex Marquez dengan livery tim satelit LCR Honda

"Jika Anda memiliki pebalap yang sangat cepat di depan yang berada di depan dalam setiap sesi latihan, maka akan lebih mudah bagi para insinyur," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun lalu sang adik, Alex Marquez, berhasil naik podium dua kali bersama Repsol Honda. Tapi tahun ini belum ada pebalap Honda yang naik podium. 

"Kami mengalami musim 2020 yang sangat sulit sebagai sebuah tim. Ada rookie, Crutchlow tidak berada di level terbaiknya dan Nakagami mengendarai motor tua. Tentu saja, tidak ada yang membantu," kata Marc.

Pebalap pendatang baru Pol Espargaro sempat mengatakan bahwa Honda banyak melakukan pengujian tapi hasilnya justru membuat bingung. Sebab pengembangan motor seperti dibuat terpisah-pisah.

Baca juga: Begini Cara yang Benar Cuci Mobil Sendiri di Rumah

Pol Espargaro Foto: Twitter Pol Espargaro Pol Espargaro

Pada musim ini, empat pebalap Honda dibekali motor baru. Tapi detil teknis tiap motor berbeda. Pebalap tim satelit LCR Honda Takaaki Nakagami, misalnya, menggunakan sasis pengembangan 2020 di Jerez.

Marc mengatakan tidak tahu kapan masalah di Honda akan selesai. Namun, percaya hal tersebut akan teratasi sebab Honda selalu fokus pada apa yang dijalani.

"Honda bekerja sangat keras. Mereka membawa banyak suku cadang dan kami mencoba banyak hal berbeda. Sepertinya semuanya berjalan ke arah yang baik sekarang," kata Marc.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X