Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ukuran Maksimal Ban untuk Xenia Tanpa Ganti Pelek Standar

Kompas.com - 26/05/2021, 15:09 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Daihatsu Xenia sudah lama mengaspal di Indonesia bersama Toyota Avanza sejak 2004 silam. Pada segmen mobil low multi purpose vehicle (LMPV), Xenia kerap jadi salah satu pilihan utama.

Pada kaki-kakinya, Xenia dilengkapi dengan ban berukuran 185/70 dan pelek 14 inci. Terhitung standar di kelasnya.

Bagi sebagian pemilik Xenia, ukuran tersebut dirasa kurang gagah sehingga beberapa orang ingin menggantinya dengan ban berukuran lebih besar.

Umumnya, penggantian ukuran ban dibarengi dengan penggantian ukuran pelek agar tetap seimbang. Namun, bisakah mengganti ukuran ban pada Xenia dengan tetap mempertahankan pelek aslinya?

Baca juga: Muncul Gambar Render Calon Avanza Baru, Jadi Mirip Rush

Mika selaku Manajer Cabang Mari Ban di Nusukan, Solo menjelaskan bahwa pelek 14 inci pada Xenia masih bisa dipasangi ban yang memiliki ukuran lebih besar.

"Untuk Xenia ban standar ukuran 185/70 R14 bisa dinaikkan jadi 185/80 R14," kata Mika saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Daihatsu Xenia 1.500 cc Daihatsu Xenia 1.500 cc

Ukuran tersebut jadi batas maksimal untuk Xenia jika masih ingin mempertahankan pelek bawaan pabrikan. Mika menuturkan, jika memaksa mengganti ban dengan ukuran lebih besar dari 185/80 R14 akan berisiko ban bergesekan dengan fender.

"Jika ban terlalu besar, saat mobil diisi beban posisinya akan lebih rendah sehingga ban berisiko bergesekan dengan fender," katanya menambahkan.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan

Penggantian ukuran ban memang harus memperhitungkan bagian kaki-kaki mobil agar ban tidak bergesekan atau terbentur dengan komponen lain.

Lebih lanjut Mika mengatakan bahwa Xenia masih bisa 'naik tingkat' dengan memasang ban yang lebih lebar berukuran 205/65. Namun risikonya posisi ban akan keluar dari sisi mobil.

Alhasil ada kenyamanan yang harus dikorbankan pengemudi, yaitu setir jadi terasa lebih berat saat akan dibelokkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com