H+2 Lebaran, Ratusan Kendaraan Diperiksa di Pos Penyekatan Solo

Kompas.com - 16/05/2021, 10:21 WIB
Pos penyekatan tugu Makuto Solo, Jawa Tengah Arif NugrahadiPos penyekatan tugu Makuto Solo, Jawa Tengah
|

SOLO, KOMPAS.com - Operasi penyekatan untuk menghalau pemudik di Kota Solo, Jawa Tengah masih terus dilakukan. Rencananya, operasi akan dilakukan sampai tanggal 24 Mei 2021.

Pada hari ke dua setelah lebaran, Jumat (14/5/2021), sebanyak 605 kendaraan diperiksa di pos penyekatan Kota Solo. Dari 605 kendaraan tersebut, terdapat 46 kendaraan dengan 106 pemudik yang diminta untuk putar balik.

Baca juga: Ini Syarat Keluar Kota Pakai Kendaraan Umum dan Pribadi Mulai 18 Mei 2021

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan, penyekatan pemudik masih akan dilakukan sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Petugas gabungan melakukan penyekatan jalan masuk ke dalam kota di perbatasan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (24/4/2020) malam. Saat pemberlakuan jam malam untuk mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarmasin, dilakukan penyekatan jalan masuk menuju dalam kota dengan akses terbatas melalui pemeriksaan oleh petugas guna mencegah penyebaran COVID-19.ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S Petugas gabungan melakukan penyekatan jalan masuk ke dalam kota di perbatasan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (24/4/2020) malam. Saat pemberlakuan jam malam untuk mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarmasin, dilakukan penyekatan jalan masuk menuju dalam kota dengan akses terbatas melalui pemeriksaan oleh petugas guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Penyekatan masih akan tetap kita lakukan sesuai dengan aturan yang diberlakukan pemerintah pusat sampai tanggal yang telah ditentukan yakni 24 Mei. Kami masih melakukan pemeriksaan untuk kendaraan dari luar kota," kata Adhytia kepada Kompas.com, Sabtu (15/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendaraan yang masuk dalam pemeriksaan di pos pengamanan atau pos penyekatan didominasi oleh kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua, jarang ditemui kendaraan roda dua yang menggunakan pelat nomor luar daerah.

Baca juga: Kenapa Sistem Pengereman Truk dan Bus Kebanyakan Masih Model Tromol?

Adapun kendaraan dengan pelat luar daerah kebanyakan pengemudinya merupakan orang Solo sendiri yang belum balik nama kendaraan yang digunakan.

Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, pos penyekatan di pintu Suramadu sisi Surabaya dipenuhi dengan pengendara sepeda motor yang hendak melaju ke arah Madura, Rabu (12/5/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, pos penyekatan di pintu Suramadu sisi Surabaya dipenuhi dengan pengendara sepeda motor yang hendak melaju ke arah Madura, Rabu (12/5/2021).

Pemeriksaan yang dilakukan di pos pengamanan berupa pemeriksaan dokumen syarat perjalanan dan surat hasil negatif Covid-19.

Pemeriksaan rapid tes juga dilakukan di pos pengamanan untuk mengantisipasi pelaku perjalanan yang masuk ke Solo.

Baca juga: Kenapa Truk dan Bus Kebanyakan Memakai Mesin Diesel?

Terdapat 17 pelaku perjalanan yang menjalani tes rapid acak. Semuanya merupakan penumpang kendaran yang menggunakan pelat nomor luar daerah dan terjaring di pos pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, 17 orang tersebut dinyatakan negatif.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X