Polisi Perketat Penyekatan Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Ketapang

Kompas.com - 15/05/2021, 15:02 WIB
Kendaraan logistik melintas di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021). Kompas.com/ Imam RosidinKendaraan logistik melintas di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (6/5/2021).

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sebagai langkah antisipasi menghadapi arus balik Lebaran 2021, Polresta Banyuwangi lakukan pengetatan di pos-pos penyekatan mudik.

Penyekatan mudik tersebut terdapat di perbatasan antar kota kabupaten dengan daerah Jember, Bondowoso, Situbondo, serta Pelabuhan Ketapang.

Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Akhmad Fani Rakhim mengungkapkan, fokus utama untuk pengetatan penyekatan pada arus balik ini adalah Pelabuhan Ketapang karena menjadi pintu masuk dan keluar Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Benarkah Panaskan Mesin Mobil Matik Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?

Aturan wajib membawa surat tugas atau surat jalan dilengkapi hasil tes negatif Covid-19 tetap diberlakukan.

Polisi berjaga di pos penyekatan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.Polresta Banyuwangi. Polisi berjaga di pos penyekatan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

"Untuk kendaraan yang boleh melakukan penyeberangan harus disertai surat tugas, kemudian harus ada ketentuan tentang negatif Covid-19," kata Akhmad dilansir dari Kompas.com, Sabtu (15/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, sudah diterjunkan 36 personel kepolisian guna penjagaan di pintu masuk dan keluar pelabuhan Ketapang.

Baca juga: Mending Angkat Wiper atau Diamkan Ketika Mobil Parkir

Hingga saat ini, Akhmad mengatakan bahwa situasi penyeberangan di Pelabuhan Ketapang terhitung sepi. Hanya ada kendaraan distribusi logistik yang melakukan penyeberangan. Hal ini terlihat dari situasi hanya ada 3 dari total 43 kapal penyeberangan yang beroperasi dalam 2 hari terakhir.

Selain itu, kondisi arus lalu lintas di Banyuwangi relatif normal. Terdapat penjagaan pula di berbagai tempat wisata guna mengantisipasi kepadatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.