Kompas.com - 14/05/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi aki motor IstimewaIlustrasi aki motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor aki merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi sebagai penyuplai kelistrikan pada sepeda motor.

Fungsi aki lainnya yang lebih penting adalah untuk membantu saat pertama kali menghidupkan motor melalui electric starter.

Baca juga: Ban Masih Bagus Walaupun Sudah 5 Tahun, Tapi Amankah Dipakai?

Pada dasarnya masa berlaku untuk pemakaian aki adalah 24 bulan, namun ada beberapa indikasi yang menyebabkan kinerja aki menurun dan mengakibatkan kualitasnya juga ikut menurun.

"Kalau aki mau awet ya perawatannya juga diperhatikan, panasi motor sebelum digunakan. Bisa juga ganti kiprok aki yang lebih bagus biar pengisiannya juga maksimal," Kata Fendy, mekanik bengkel 3G motor di Solo, Jawa Tengah kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ramai Lagi Bus Single Glass, Apa sih Kelebihannya?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beberapa saran atau tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga agar aki motor tidak mudah rusak atau soak.

Sehingga penggunaanya akan lebih lama dan menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan motor.

Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baikkompas.com Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik

Pertama, perhatikan penggunaan aksesori yang terpasang di sepeda motor, terutama yang berhubungan dengan kelistrikan.

Aksesori yang perlu diperhatikan supaya aki tetap awet antara lain jangan menggunakan lampu yang membutuhkan suplai listrik tinggi.

Selain itu, mengubah tipe klakson yang melebihi standar pabrik dan penambahan perangkat lain yang membutuhkan suplai listrik yang banyak sebaiknya jangan dilakukan.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Ideal Panaskan Mesin Mobil?

Kedua, jangan memaksa untuk starter elektrik. Starter elektrik merupakan komponen yang membutuhkan suplai listrik besar dari aki motor. Untuk itu jangan paksakan menggunakan electric starter jika tidak berfungsi normal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X