Ramai Lagi Bus Single Glass, Apa sih Kelebihannya?

Kompas.com - 13/05/2021, 07:31 WIB
Bus AKAP baru PO ANS DOK. MORODADI PRIMABus AKAP baru PO ANS

JAKARTA, KOMPAS.comBus besar dengan kaca tunggal atau single glass menjadi keunikan sendiri di tengah tren bus lain yang memakai model double glass. Bahkan beberapa karoseri pun kembali merilis bus besar dengan kaca tunggal.

Misalnya bus baru PO ANS yang baru saja rilis dari karoseri Morodadi Prima. Model Patriot buatan Morodadi Prima dibuat jadi single glass, serta ada ubahan tampilan di sisi samping dan belakang.

Kelebihan dari kaca single glass adalah pandangan penumpang yang tidak terhalang saat mau lihat jalanan di depan.

Namun kekurangannya yaitu jika kaca pecah, perbaikannya relatif lebih mahal karena ukuran kacanya yang besar.

Baca juga: Terlalu Sering Ada di Lajur Kanan Tol, Awas Ditabrak dari Belakang

Bus AKAP Avante H8XRully Novianto Bus AKAP Avante H8X

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu kalau dari karoseri, apakah membuat bodi bus besar dengan single glass lebih sulit pembuatannya?

Donny Cahyadi, Marketing karoseri Morodadi Prima mengatakan, biaya pembuatan model single glass sedikit lebih murah, selain itu juga tidak lebih rumit.

“Model single glass memang sedikit lebih murah pembuatannya. Hal ini karena enggak ada rangka dan pelat yang ada di tengah-tengah kaca depan,” kata Donny kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Heboh Honda Vario 160 Ternyata Kloningan, Ini Motor Aslinya

bus karoseri tentremKompas.com/Fathan Radityasani bus karoseri tentrem

Selain Morodadi Prima, karoseri Tentrem juga merilis dua varian bus besar dengan kaca single glass, yaitu Avante H7X dan H8X. Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, menambah model bus single glass membutuhkan beberapa modifikasi pada cetakan muka bus di karoseri.

“Kita punya tiga cetakan untuk muka bus, Avante H7, H8 dan H9. Untuk varian single glass, kita pakai punya H9 yang dimodifikasi cetakannya,” ucap Dimas kepada Kompas.com.

Selain modifikasi pada cetakan, ubahan lain ada di dasbor, dome dan pintunya. Mengingat model double glass karoseri Tentrem yang “jenong” sangat berbeda dengan model single glass-nya yang cenderung rata.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X