Pos Penyekatan di Solo, Jawa Tengah Layani Rapid Test

Kompas.com - 06/05/2021, 16:41 WIB
Sejumlah petugas Dinas Kesehatan berjaga di pos keamanan pemudik tugu Makutho Solo, Jawa Tengah Arif NugrahadiSejumlah petugas Dinas Kesehatan berjaga di pos keamanan pemudik tugu Makutho Solo, Jawa Tengah
|

SOLO,KOMPAS.com - Polresta Solo, Jawa Tengah menyiapkan lima pos pengamanan (pospam), yang sekaligus sebagai pos penyekatan untuk menghalau pemudik yang datang ke Solo. Pos penyekatan ini akan beroperasi 24 jam selama larangan mudik lebaran 2021.

Kelima pos tersebut terletak di Pos Faroka Kerten, pintu keluar Tol Klodran, Tugu Makutho Karangasem, Jurug dan Pos Joglo.

Pos penyekatan di Solo dijaga oleh petugas gabungan dari Satlantas, TNI, Dishub, Satpol PP, dan juga petugas dari Dinas Kesehatan Kota Solo.

Baca juga: Ingat, Usai Lebaran Polisi Juga Sekat Kendaraan yang Masuk Jakarta

Bagi pemilik kendaraan dari luar kota yang tidak bisa menunjukkan dokumen atau syarat perjalanan pada saat larangan mudik akan disuruh untuk putar balik.

Pos pengamanan lebaran Polresta SurakartaArif Nugrahadi Pos pengamanan lebaran Polresta Surakarta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Pos Keamanan pemudik Tugu Makutho Solo, Kompol Endang Sri Hastuti mengatakan, kendaraan dari luar kota harus memiliki Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) dan juga surat keterangan negatif rapid tes antigen atau PCR.

Baca juga: Kejar-kejaran di Jalan Tol, Dua Mobil Ini Nyaris Dihantam Trailer

"Di pos keamanan juga disediakan fasilitas rapid tes yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Bagi pelaku perjalanan yang masa berlaku surat rapidnya sudah habis atau memperbarui bisa dilakukan tes rapid di pos," kata Endang kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Petugas di pos pengamanan akan membantu pelaku perjalanan agar tetap aman di kota Solo. Endang juga mengatakan prinsip yang dilakukan pada operasi penyekatan tetap menggunakan prinsip kemanusiaan.

Petugas memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan sebelum masuk ke kota Solo, Jawa TengahArif Nugrahadi Petugas memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan sebelum masuk ke kota Solo, Jawa Tengah

"Kita berdasarkan kemanusiaan, yang mana untuk operasi ketupat ini bertujuan untuk mengamankan masyarakat yang sedang di jalan agar mereka merasa aman dan nyaman," ucap Endang.

Baca juga: Ducati Iming-iming VR46 Team Motor Spek Pabrikan

Endang juga mengimbau kepada masyarakat kota Solo sebaiknya melakukan kegiatan di rumah saja walaupun liburan. Jika terpaksa dan memiliki kepentingan mendesak untuk keluar, diharapkan untuk di wilayah Solo Raya saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.