Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pos Penyekatan di Solo, Jawa Tengah Layani Rapid Test

Kompas.com - 06/05/2021, 16:41 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO,KOMPAS.com - Polresta Solo, Jawa Tengah menyiapkan lima pos pengamanan (pospam), yang sekaligus sebagai pos penyekatan untuk menghalau pemudik yang datang ke Solo. Pos penyekatan ini akan beroperasi 24 jam selama larangan mudik lebaran 2021.

Kelima pos tersebut terletak di Pos Faroka Kerten, pintu keluar Tol Klodran, Tugu Makutho Karangasem, Jurug dan Pos Joglo.

Pos penyekatan di Solo dijaga oleh petugas gabungan dari Satlantas, TNI, Dishub, Satpol PP, dan juga petugas dari Dinas Kesehatan Kota Solo.

Baca juga: Ingat, Usai Lebaran Polisi Juga Sekat Kendaraan yang Masuk Jakarta

Bagi pemilik kendaraan dari luar kota yang tidak bisa menunjukkan dokumen atau syarat perjalanan pada saat larangan mudik akan disuruh untuk putar balik.

Pos pengamanan lebaran Polresta SurakartaArif Nugrahadi Pos pengamanan lebaran Polresta Surakarta

Kepala Pos Keamanan pemudik Tugu Makutho Solo, Kompol Endang Sri Hastuti mengatakan, kendaraan dari luar kota harus memiliki Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) dan juga surat keterangan negatif rapid tes antigen atau PCR.

Baca juga: Kejar-kejaran di Jalan Tol, Dua Mobil Ini Nyaris Dihantam Trailer

"Di pos keamanan juga disediakan fasilitas rapid tes yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Bagi pelaku perjalanan yang masa berlaku surat rapidnya sudah habis atau memperbarui bisa dilakukan tes rapid di pos," kata Endang kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Petugas di pos pengamanan akan membantu pelaku perjalanan agar tetap aman di kota Solo. Endang juga mengatakan prinsip yang dilakukan pada operasi penyekatan tetap menggunakan prinsip kemanusiaan.

Petugas memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan sebelum masuk ke kota Solo, Jawa TengahArif Nugrahadi Petugas memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan sebelum masuk ke kota Solo, Jawa Tengah

"Kita berdasarkan kemanusiaan, yang mana untuk operasi ketupat ini bertujuan untuk mengamankan masyarakat yang sedang di jalan agar mereka merasa aman dan nyaman," ucap Endang.

Baca juga: Ducati Iming-iming VR46 Team Motor Spek Pabrikan

Endang juga mengimbau kepada masyarakat kota Solo sebaiknya melakukan kegiatan di rumah saja walaupun liburan. Jika terpaksa dan memiliki kepentingan mendesak untuk keluar, diharapkan untuk di wilayah Solo Raya saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com