Bus PO Haryanto Tabrak Truk di Gerbang, Kenapa Bus Rawan Rem Blong?

Kompas.com - 06/05/2021, 16:01 WIB
Evakuasi bus di tol kalikagkung semarang, Rabu (5/5/2021) KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAEvakuasi bus di tol kalikagkung semarang, Rabu (5/5/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan antara bus PO Haryanto dengan truk tronton di Gerbang Tol Kalikangkung baru saja terjadi, Rabu (5/5/2021) pada pagi hari.

Mengutip dari Tribun Jateng, tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut. Pengemudi dan kernet bus PO Haryanto mengalami luka-luka dan segera dibawa ke RS Tugu Semarang.

Pengemudi Cadangan PO Haryanto Yanto mengatakan, Yahya yang mengemudikan bus sempat mengatakan kalau rem sedang bermasalah. Saat itu, bus sedang dalam perjalanan menuju Tangerang untuk mengangkut penumpang, jadi bus dalam keadaan tanpa penumpang.

Baca juga: Ducati Iming-iming VR46 Team Motor Spek Pabrikan

 

Menanggapi kejadian ini, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan, jalan menuju Gerbang Tol Kalikangkung dari Semarang memang banyak turunan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pernah bus Kramatdjati menabrak bus Pepeje di gate Kalikangkung juga. Bus Pepeje lagi ambil tiket dihajar dari belakang karena remnya blong,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Analisa Wildan tentang kecelakaan bus PO Haryanto ini bisa disebabkan karena unit yang dipaksa jalan terus tanpa beristirahat. Sehingga kemungkinan kampas rem terlalu panas karena sering menginjak rem, jadi tidak pakem remnya.

Baca juga: Cek Pilihan MPV Bekas Harga Rp 70 Jutaan Jelang Lebaran

“Aturan berkendara minimal dua jam istirahat kendaraannya, untuk mendinginkan ban dan tromol-tromol rem. Selain itu pengemudi juga bisa istirahat untuk menghindari ngantuk,” kata Wildan.

Wildan juga menyarankan, di jalan menuju Gerbang Tol Kalikangkung yang banyak turunan sebaiknya dibuat jalur penyelamatan. Hal ini dilakukan agar kejadian seperti ini bisa dikurangi dan truk atau bus yang mengalami blong punya jalur penyelamat yang aman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X