Berlaku Malam Ini, Polda Metro Jaya Siapkan 31 Pos Penyekatan Larangan Mudik

Kompas.com - 05/05/2021, 17:12 WIB
Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIPetugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya menyiapkan 31 titik pos pengamanan dan penyekatan selama periode larangan mudik lebaran yang berlangsung selama 6-17 Mei 2021.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus menjelaskan bahwa titik tersebut terbagi atas 17 pos pengamanan dan 14 pos penyekatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya atau Jabodetabek.

"Ini adalah tahun kedua dilaksanakannya Operasi Ketupat selama masa pandemi Covid-19. Kebijakan pemerintah atas larangan mudik itu sudah jelas, jadi kita bentuk 31 titik pos penyekatan dan pengamanan," ujar Yusri saat dikonfirmasi, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Diprediksi Hari Ini Jadi Puncak Mudik yang Tetap Nekat Berangkat

 

Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).

Ia pun memastikan sebaran pos penjagaan pemudik ini meliputi seluruh ruas yang ada di Ibu Kota maupun daerah sekitarnya. Jadi, tak akan ada celah bagi semua moda kendaraan bisa lolos, termasuk sepeda motor.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi semua pengendara atau masyarakat yang terjaring operasi dan tak bisa menunjukkan syarat ketentuan melakukan mobilitas, maka bakal di putar balikkan petugas.

"Kami sudah belajar dari yang lalu dan pelajari berbagai jalur alternatif atau tikus. Jadi, dalam pembentukan pos titik tersbeut juga masuk," kata Yusri.

"Bicara jumlah petugas yang bakal melakukan pengawasan, sekitar 1.313 personel meliputi gabungan TNI dan Polri," tambahnya.

Baca juga: 138.508 Kendaraan Bakal Meninggalkan Jabodetabek Hari Ini

Polisi menghalau mobil bus yang membawa penumpang di jalan tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan 24 April 2020 pukul 00.00 WIB. Polda Metro Jaya melarang kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang keluar dari wilayah Jabodetabek. Pemeriksaan dan penyekatan kendaraan tersebut akan dilakukan di 18 titik pos pengamanan terpadu dan pos-pos check point di jalur tikus dan perbatasan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Polisi menghalau mobil bus yang membawa penumpang di jalan tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/4/2020). Larangan mudik mulai diberlakukan 24 April 2020 pukul 00.00 WIB. Polda Metro Jaya melarang kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang keluar dari wilayah Jabodetabek. Pemeriksaan dan penyekatan kendaraan tersebut akan dilakukan di 18 titik pos pengamanan terpadu dan pos-pos check point di jalur tikus dan perbatasan.

Berikut rincian 31 titik pos pengamanan dan penyekatan di wilayah Jabodetabek:

17 Lokasi Pos Cek Poin

1. Jakarta Barat: Kalideres dan Joglo, 36 personel
2. Jakarta Timur: Lampiri dan Panasonic, 36 personel
3. Jakarta Utara: Perintis Kemerdekaan, 15 personel
4. Jakarta Selatan, Pasar Jumat dan Budi Luhur, 36 personel
5. Bekasi Kota: Sumber Arta dan Harapan Indah, 30 personel
6. Kab. Bekasi: Kalimalang Tambun dan Cibarusah, 30 personel
7. Depok: Jl Raya Ciputat Bogor, Jl Raya Bogor, GT Brigif, GT Kukusan, TL Bojong Gede, 90 personel
8. Tangerang Kota: Kebon Nanas, 30 personel

14 Lokasi Pos Penyekatan

1. Bekasi Kota: GT Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur, 30 personel
2. Kab. Bekasi: Jati Waringin, Cibeet, GT Tambun, GT Cibitung, GT Cikarang Pusat, dan GT Cibatu, 105 personel
3. Tangerang Kota: Jati Uwung, 30 personel
4. Tangerang Selatan: GT Bitung dan Pos Bitung, 45 personel
5. Lain-lain: Penyekatan Cikarang Barat, Putaran GT Cikarang Barat, dan Cikupa, 800 personel



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X