Ban Motor yang Benjol, Apa Bisa Tetap Dipakai

Kompas.com - 04/05/2021, 04:42 WIB
Ban Motor bagian depan IstimewaBan Motor bagian depan

JAKARTA, KOMPAS.comBan merupakan satu-satunya komponen dari motor yang bersentuhan dengan aspal. Oleh karena itu, menjaga dan mengecek kondisi ban harus sering dilakukan.

Salah satu masalah pada ban motor yang kerap terjadi adalah benjol. Kondisi ini biasanya disebabkan karena ban yang kekurangan tekanan udara, lalu menghantam lubang, atau bisa juga karena terlalu sering ditambal.

Benjol bisa muncul di bagian telapak maupun dinding. Lantas, pertanyaannya jika ini terjadi, apakah ban masih aman untuk digunakan?

Baca juga: Berlaku 6 Mei 2021, Ini Syarat ke Luar Kota Menggunakan Kendaraan Bermotor

Ilustrasi mengecek tekanan udara ban motorDok. Yamaha Ilustrasi mengecek tekanan udara ban motor

Technical Service & Development Dept. Head Ban FDR Jimmy Handoyo mengatakan, jika ban benjol teorinya masih bisa digunakan. Tapi, kondisi ini untuk darurat sampai mengganti ban benjol dengan yang baru. 

Pasalnya, ban benjol sejatinya tidak aman jika tetap dipaksakan untuk digunakan.

“Tidak nyamannya karena, motor terasa getar atau goyang karena ban yang tidak mulus lagi. Sedangkan tidak aman karena konstruksi bannya sudah rusak, tidak stabil lagi ban tersebut,” ucap Jimmy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Jelang Lebaran, Pemerintah Lelang Mobil Dinas dari Xenia sampai Camry

Ban yang sudah benjol, konstruksinya jadi lebih rapuh, sehingga mudah bocor. Selain itu, kasus paling parah adalah ban bisa meledak jika tetap digunakan, namun sangat jarang terjadi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X