Calon Pesaing Rush dan Xpander Cross, Honda N7X Jadi Pengganti BR-V

Kompas.com - 04/05/2021, 03:32 WIB
Honda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk Indonesia YOUTUBE/HONDAISMEHonda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk pertama kalinya Honda N7X diperkenalkan di dunia, dan Indonesia jadi negara pertama yang didatangi mobil konsep ini.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, mobil konsep N7X akan menyasar segmen Low Sport Utility Vehicle (Low SUV).

“Indonesia menjadi yang pertama memperkenalkan model ini. Kenapa? Karena mobil konsep ini dirancang dan di-develop untuk masyarakat kita, di mana tren Low SUV sudah cukup naik dibandingkan LMPV,” ujar Billy, dalam konferensi virtual (3/5/2021).

Baca juga: Varian Mesin 1.200 cc Daihatsu Rocky Segera Menyusul

Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengahkompas.com Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengah

Di segmen Low SUV, HPM bukannya tak punya jagoan. BR-V yang telah dipasarkan sejak 2016, belakangan mendapat banyak pesaing baru.

Mulai dari Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, dan DFSK Glory 560.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kemarin sampai Maret 2021, (total pasar LSUV) sampai 23 persen kontribusinya. Jadi mobil konsep ini dirancang dan dikembangkan untuk masyarakat kita, di mana segmennya besar,” ucap Billy.

Baca juga: Jelang Lebaran, Pemerintah Lelang Mobil Dinas dari Xenia sampai Camry

Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.kompas.com Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.

Kehadiran N7X mungkin saja jadi jawaban Honda atas sengitnya persaingan LSUV di Indonesia. Apalagi penjualan BR-V dalam tiga tahun terakhir tercatat mulai mengalami penurunan.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo pada sepanjang 2018, BR-V sebetulnya masih bisa laku 9.140 unit.

Namun, angka ini mengalami penurunan pada 2019 dengan raihan 4.058 unit. Kemudian terus merosot pada 2020, tinggal 1.468 unit.

Baca juga: Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncenger

Honda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk IndonesiaYOUTUBE/HONDAISME Honda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk Indonesia

Lantas, apakah N7X bakal menggantikan BR-V atau dijual bersamaan dengan BR-V?

Billy rupanya masih bungkam ketika ditanyakan hal tersebut.

"Tunggu informasi lebih detail nanti di GIIAS 2021. Kalau buat pembanding, dibanding current BR-V atau current Mobilio, ini lebih besar, tinggi, lebar, dan juga panjang,” kata Billy.

"Saat ini N7X tidak mengacu pada produk tertentu, seperti BR-V atau Mobilio. Kali ini kami hanya luncurkan world premiere concept car," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.