Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Alam, Ban Motor Corsa Hilangkan Pembungkus Plastik

Kompas.com - 22/04/2021, 18:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban sepeda motor Corsa mengumumkan untuk menghentikan penggunaan pembungkus plastik pada ban yang dijual di Indonesia.

Corsa sudah mulai tidak memakai plastik pembungkus sejak 7 April lalu. Secara bertahap diperkirakan masa transisi ini akan berlangsung hingga Mei 2021.

Baca juga: Hati-hati, Tiap Hari Puluhan Orang Meninggal di Jalan Saat Mudik

Langkah ini diambil sebab PT Multistrada Arah Sarana Tbk, produsen ban Corsa mengikuti inisiatif Michelin dalam upaya pengurangan sampah plastik sekali pakai.

Ban Corsa tidak lagi memakai plastik pembungkusFoto: Corsa Ban Corsa tidak lagi memakai plastik pembungkus

Presiden Direktur Michelin dan Multistrada Arah Sarana Steven Vette, mengatakan, dengan menghilangkan plastik pembungkus ban maka akan mengurangi sampah plastik.

“Setiap tahun rata-rata Multistrada Arah Sarana memproduksi 5,5 juta ban motor. Sebagian besar dibungkus plastik sekali pakai, bungkus ini pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Maka itu, guna mengurangi jumlah sampah plastik tunggal, Multistrada menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban di tahun 2022," kata Vette dalam rilis resmi, Kamis (22/4/2021).

Vette mengatakan, penghentian pemakaian bungkus plastik ini dipastikan tidak akan memengaruhi kualitas dan performa ban.

Ban Corsa Foto: Corsa Ban Corsa

Sebelum ban motor, pada Oktober 2020 Multistrada juga telah menghentikan penggunaan bungkus plastik untuk ban mobil merek Achilles yang diekspor ke sejumlah negara.

"Kami percaya, inisiatif ini merupakan langkah yang tepat sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam mencapai proses bisnis yang berkelanjutan,” kata Vette.

"Hal ini juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga 30 persen pada tahun 2025," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com