Kenali Ciri Kerusakan Mobil Lewat Asap Knalpot

Kompas.com - 03/05/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan. Paultan.orgIlustrasi polusi yang dikeluarkan knalpot kendaraan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memahami kondisi mesin kendaraan tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada mesin saja. Namun dapat dilihat dari warna asap yang keluar dari knalpot mobil.

Knalpot merupakan saluran buang dari sebuah mesin kendaraan, sisa pembakaran yang dikeluarkan bisa menjadi indikasi sehat atau tidaknya mesin.

Maka dari itu, pemilik mobil dapat mengecek kesehatan mobil melalui warna asap yang dikeluarkan oleh mobil sebagai deteksi dini.

Baca juga: Kecelakaan Parah, Mampukah Marc Marquez Balapan Lagi?

Hendrik, yang merupakan salah satu mekanik di bengkel Nasmoco Solo, Jawa Tengah membenarkan hal tersebut. Menurutnya itu hanya bisa menjadi indikasi awal, untuk kelanjutan perbaikan bisa langsung dibawa ke bengkel resmi.

Ilustrasi pengecekan mesin kendaraan.Istimewa Ilustrasi pengecekan mesin kendaraan.

"Kalau ngebul itu tandanya sudah tidak sehat, kecuali pada saat dipanaskan pagi hari itu masih wajar. Yang tidak normal itu mengeluarkan asap terus menerus," kata Hendrik kepada Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Kondisi mobil yang normal seharusnya tidak mengeluarkan asap yang berlebihan. Asap yang dikeluarkan mobil dalam kondisi normal juga tidak berwarna pekat.

Baca juga: Hasil MotoGP Spanyol 2021, Jack Miller Bawa Ducati Kalahkan Yamaha

"Kalau asap yang keluar berwarna hitam pada mesin bensin, biasanya setelan mobil terlalu boros, ada pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya disertai dengan bau bensin mentah," kata Hendrik.

Sementara kalau asap yang keluar dari knalpot mobil berwarna putih ada kemingkinan oli bocor dan masuk ke ruang bakar sehingga menghasilkan asap pekat.

Ilustrasi gas buang kendaraanwww.autoevolution.com Ilustrasi gas buang kendaraan

"Kalau warnanya putih biasanya ada kebocoran oli dan masuk ke ruang pembakaran. Bisa jadi ada komponen yang rusak seperti ring dan juga seal karet yang sudah aus," ucap Hendrik.

 Baca juga: Menang GP Spanyol, Penantian Panjang Miller Selama 5 Tahun

Dengan mengetahui kondisi mobil tidak normal dari asap knalpot yang dikeluarkan, maka pemilik mobil dapat langsung segera membawa ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X