Menang GP Spanyol, Penantian Panjang Miller Selama 5 Tahun

Kompas.com - 02/05/2021, 20:24 WIB
Pebalap Ducati asal Australia, Jack Miller, saat tampil dalam MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2021). PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFPPebalap Ducati asal Australia, Jack Miller, saat tampil dalam MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2021).

JEREZ, KOMPAS.com - Jack Miller, pebalap asal Australia ini berhasil memenangkan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021).

Jack Miller sempat diragukan ketika pindah ke tim pabrikan Ducati di awal 2021. Sejak awal musim 2021, Miller mendapatkan hasil balap yang tidak begitu baik, finis posisi 9 di GP Doha dan GP Qatar dan terjatuh di GP Portugal.

Pebalap kelahiran 18 Januari 1995 ini memulai karir di kelas 125 cc tahun 2011 dengan tim Caretta Technology. Kemudian pebalap dengan nomor start #43 ini pindah ke Red Bull KTM Ajo di tahun 2014.

Baca juga: Hasil MotoGP Spanyol 2021, Jack Miller Bawa Ducati Kalahkan Yamaha

Pebalap LCR Honda asal Australia, Jack Miller, memacu motor RCV1000R pada sesi uji coba di Sirkuit Ricardo Tormo, Senin (10/11/2014).MOTOGP.COM Pebalap LCR Honda asal Australia, Jack Miller, memacu motor RCV1000R pada sesi uji coba di Sirkuit Ricardo Tormo, Senin (10/11/2014).

Satu tahun berselang, Miller langsung masuk ke kelas MotoGP, tepatnya tim LCR, mengendarai Honda RCV213-VRS. Saat itu, hasil terbaiknya hanya finis posisi ke-11 di Catalunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Musim 2016-2017 pebalap Australia ini pindah ke Marc VDS. Musim 2016 menjadi hal yang bersejarah bagi Miller, dia berhasil memenangkan GP Belanda.

Saat itu, kondisi balapan dihentikan sementara karena turun hujan lebat. Ketika kembali melanjutkan balap, di akhir lap pertama, Miller sudah masuk di posisi keempat.

Baca juga: Hasil Klasemen Moto2 2021, Remy Gardner Masih Teratas

Pebalap Marc VDS asal Australia, Jack Miller (kiri), melewati pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016).MOTOGP.COM Pebalap Marc VDS asal Australia, Jack Miller (kiri), melewati pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016).

Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang memimpin balap harus terjatuh saat itu. Lalu Miller berhasil menyalip Marc Marquez dan bertahan di posisi terdepan sampai balapan usai.

Miller menjadi pebalap Ausralia pertama yang memenangkan balap MotoGP setelah Casey Stoner di tahun 2012. Begitu juga menjadi pebalap tim satelit pertama yang memenangkan balap MotoGP setelah Tony Elias di tahun 2006.

Musim selanjutnya, masih di Marc VDS, Miller cukup konsisten mengumpulkan poin. Miller berhasil menempati posisi ke-11 klasemen pebalap pada musim 2017.

Jack Miller dan Hafizh Syahrin menjalani latihan bebas pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 4 Mei 2018.AFP/JAVIER SORIANO Jack Miller dan Hafizh Syahrin menjalani latihan bebas pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, 4 Mei 2018.

Tahun 2018, Miller pindah ke Pramac Ducati, tandem dengan Danillo Petrucci. Saat itu dia hanya memakai Ducati GP17, tapi dia berhasil finis dua kali di posisi keempat dan satu kali pole position.

Musim selanjutnya, Miller berganti teman setim, seorang juara dunia Moto2 2018, Francesco Bagnaia. Di musim 2019, Miller berhasil mendapatkan 5 kali podium.

Jack Miller saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER Jack Miller saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Di tahun 2020, masih di tim Pramac bersama Pecco, Miller berhasil mendapatkan dua kali podium. Serta momen seru melawan Franco Morbidelli di berbagai balapan.

Musim 2021, Miller berada di tim pabrikan Ducati dan masih bersama Pecco. pada MotoGP Spanyol ini menjadi kemenangan Miller setelah lima tahun menunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.