Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Fitur Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mana yang Lebih Lengkap?

Kompas.com - 02/05/2021, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki platform yang sama, tak lantas membuat Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menjadi sport utility vehicle (SUV) kompak yang kembar identik.

Keduanya memiliki ciri khas desain masing-masing dengan kelengkapan yang mengikutinya sesuai sasaran calon konsumen. Sebagai contoh, di sisi tampilan Rocky lebih kental nuansa kendaraan perkotaan elegan.

Sementara Raize dengan aura sporty dan dinamis, terbukti dengan tak banyak sentuhan krom di mobil. Lantas bagaimana dengan fitur-fitur di kendaraan tersebut?

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Eksterior Rocky dan Raize

Fitur Toyota Raize Fitur Toyota Raize

Kedua mobil hasil kerja sama Daihatsu dan Toyota di Indonesia ini telah dibenamkan layar hiburan 9 inci yang terkoneksi dengan ponsel pintar alias smart phone.

Panel digitalnya pun sudah penuh warna yang memanjakan mata dan bisa diubah dengan empat mode visual. Hanya saja pada varian paling atas Rocky, ada penambahan active subwoofer 8 inci.

Sebagai gantinya, di varian tertinggi Raize calon konsumen ditawarkan kursi khusus bermaterial fabric dan kulit yang mampu menunjang rasa berkendara. Apalagi ada pula paddle shift di balik kemudi, jadi kesan sporty makin kental.

Kelebihan lain Raize GR Sport ada di Toyota Safety Sense (TSS). Selain jumlah airbag berjumlah 6 titik, fitur dalam paket juga lebih banyak dibanding Advance Safety Assist (A.S.A) di Rocky.

Baca juga: Berlaku 6 Mei, Ingat Lagi Syarat Perjalanan Darat Saat Larangan Mudik

Daihatsu Rocky memiliki fitur RCTA (Rear Cross Traffic Alert)daihatsu.co.jp Daihatsu Rocky memiliki fitur RCTA (Rear Cross Traffic Alert)

Isinya antara lain Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring, dan Adaptive Cruise Control.

Sementara sistem A.S.A jumlah fungsinya ada 6, meliputi Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Guna menambah kelengkapan fitur keamanan di mobil, ada pula ABS + ABD, Vehicle Stability Control (VSC), serta Hill Start Assist (HSA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com