Mudik Dilarang, Pertamina Tetap Jamin Stok BBM di Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 03/05/2021, 08:12 WIB
Pertamina tetap jamin ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa selama larangan mudik Dok. PertaminaPertamina tetap jamin ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa selama larangan mudik

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah ada larangan mudik Lebaran, PT Pertamina (Persero) tetap melakukan penyiagaan penyaluran bahan bakar minyak (BBM), terutama bagi fasilitas yang berada di ruas Tol Trans-Jawa wilayah bagian tengah.

Menurut Brasto Galih Nugroho, Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, semua SPBU reguler akan disiagakan dan stok penuh.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya kebutuhan pengisian BBM. Bahkan, Pertamina juga menyiapkan layanan pengisian tambahan di beberapa titik rest area yang lain.

Baca juga: Berlaku 6 Mei, Ingat Lagi Syarat Perjalanan Darat Saat Larangan Mudik

"Ada tujuh lokasi SPBU reguler yang tersedia di Tol Trans-Jawa antara Km 252 hingga Km 519. Tiga SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya), yaitu di Km 379, Km 429, dan Km 519. Sementara empat lainnya di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), yaitu di Km 519, Km 389, Km 360, dan Km 260," ucap Brasto dalam keterangan resminya, Minggu (2/5/2021).

Jembatan Kali Kuto, Batang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Jembatan Kali Kuto, Batang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk beberapa titik rest area yang tak memiliki fasilitas SPBU, menurut Brasto, pihaknya akan tetap menyediakan layanan pengisian tambahan berupa delapan unit Pertashop dan SPBU modular.

Empat di antaranya berada di Ruas Tol A, yakni di Km 252, Km 275, Km 456, dan Km 519. Sementara empat lainnya di Ruas Tol B dengan lokasi di Km 519, Km 456, Km 294, dan Km 282.

Layanan motoris juga akan disiagakan layaknya musim-musim mudik sebelum pandemi Covid-19 melanda, yang berguna membantu bila ada kendaraan yang kehabisan BBM di tengah jalan tol dengan menyiapkan mobil siaga yang membawa BBM kemasan.

Baca juga: Jadi Korban Larangan Mudik, Pemerintah Diminta Bantu Pengusaha Bus

Menurut Brasto, ada 3 mobil siaga yang disiapkan pada 3 titik lokasi, yaitu mulai dari pintu keluar tol Tegal, Weleri, dan Salatiga. Konsumen hanya tinggal menghubungi Pertamina Call Center 135.

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kemasan jenis Pertamax pada kendaraan pemudik di 'rest area' Tol Salatiga-Kartasura KM 46+700, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/6). Berdasarkan data PT Pertamina (Persero), penjualan BBM kemasan maupun dengan 'mobile dispenser' selama masa arus mudik Lebaran sejak Jumat (7/6) hingga Senin (11/6) mencapai sekitar 105 ribu liter BBM dengan didominasi oleh pembelian Pertamax sebanyak 93 persen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww/18.ADITYA PRADANA PUTRA Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kemasan jenis Pertamax pada kendaraan pemudik di 'rest area' Tol Salatiga-Kartasura KM 46+700, Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/6). Berdasarkan data PT Pertamina (Persero), penjualan BBM kemasan maupun dengan 'mobile dispenser' selama masa arus mudik Lebaran sejak Jumat (7/6) hingga Senin (11/6) mencapai sekitar 105 ribu liter BBM dengan didominasi oleh pembelian Pertamax sebanyak 93 persen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww/18.

Bahkan, stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh juga ikut disediakan di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan.

Total ada 47 mobil tangki disiapkan di 47 SPBU, baik di Tol Trans-Jawa maupun di luar Tol Trans-Jawa, utamanya di lokasi-lokasi yang ramai konsumen, baik itu di Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kami berkomitmen melayani kebutuhan energi, agar masyarakat dapat menikmati Ramadhan dan Idul Fitri dengan tenang. Satuan Tugas (Satgas) BBM dan elpiji Ramadhan dan Idul Fitri juga sudah kami aktifkan sejak 26 April 2021 dan direncanakan berakhir pada 31 Mei 2021," ujar Brasto.

Baca juga: Jelang Larangan Mudik, Polresta Malang Jaga Ketat Exit Tol Madyopuro

Pertamina tetap jamin ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa selama larangan mudikDok. Pertamina Pertamina tetap jamin ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa selama larangan mudik

"Sesuai anjuran pemerintah, kami mengimbau agar masyarakat dapat membatasi aktivitas bepergian keluar kota pada saat masa pengetatan perjalanan dalam negeri dan tidak mudik saat larangan mudik untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19," katanya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.