Pakai Merek Toyota, Ekspor Daihatsu Rocky Bergulir Agustus 2021

Kompas.com - 03/05/2021, 07:42 WIB
Daihatsu Rocky ADS KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky ADS

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memproduksi Rocky lokal di fasilitas pabriknya yang berada di Karawang, Jawa Barat.

Menariknya, proses produksi dilakukan tak hanya untuk kebutuhan pasar domestik saja, tapi juga memenuhi permintaan ekspor ke berbagai negara.

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM, menjelaskan Rocky buatan Indonesia akan dipasarkan ke beberapa negara tujuan, namun menggunakan brand Toyota.

Baca juga: Uji Internal di Indonesia, Konsumsi BBM Rocky 1.0L Turbo Tembus 18 Kpl

"Kami melakukan mass production mulai April, dan akan diserahkan ke domestik mulai 30 April 2021. Sementara untuk ekspor Rocky, akan dimulai pada Agustus 2021 karena memang butuh kesiapan tidak bisa langsung," ucap Amel dalam peluncuran Rocky secara virtual, Jumat (30/4/2021).

Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASAKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA

"Pada prinsipnya, tahap awal produksi Daihatsu Rocky untuk kebutuhan domestik dulu. Untuk pasar ekspor akan dilakukan dalam bentuk Toyota di Agustus nanti," kata dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, sudah menjelasakan bila kehadiran produk kolaborasi Daihatsu dan Toyota bakal memperkuat ekspor Indonesia ke negara di kawasan perdagangan bebas alias Free Trade Agreement (FTA).

Baca juga: Cerita Daihatsu Rocky Nikmati PPnBM dan Alasan Baru Meluncur

Agus mengatakan sampai dengan 2021, target produksi dari Rocky dan Raize di Indonesia sebanyak 34.300. Sebagian dari itu akan digunakan untuk ekspor ke berbagai negara.

Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

"Target produksi sampai Desember 2021 sebesar 34.400 unit, di mana 8.800 unit diantaranya didedikasikan untuk kebutuhan pasar ekspor," ucap Agus secara virtual dalam acara kolaborasi Toyota dan Daihatsu beberapa hari lalu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X