Kompas.com - 03/05/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai langkah awal, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) lebih dulu meluncurkan varian Rocky dengan mesin tiga silender 1.000 cc berkode 1KR-VET.

Sedangkan bagi yang menantikan varian mesin 1.200 cc, harap bersabar. Pasalnya Daihatsu masih menyimpan untuk diluncurkan dalam waktu dekat.

Menurut Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM mengatakan, Rocky dengan mesin 1.200 cc akan segera menyusul.

Terkait soal kenapa tidak dirilis bersama, Amel menjelaskan hal tersebut merupakan bagian dari strategi, bukan karena adanya kendala dalam persiapan. 

Baca juga: Punya Dimensi Lebih Compact, Senyaman Apa Kabin Daihatsu Rocky ?

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

"Bagian dari strategi saja, setelah yang ini baru nanti yang 1.2L," kata Amel secara singkat kepada Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Seperti diketahui, sebelumnya Marketing Product Planning & Service Parts Division Head PT ADM Anjar Rosjadi mengatakan, pengembangan Rocky 1.200 cc akan mengunakan mesin baru.

Anjar juga memastikan bila mesin 1.200 cc Rocky, akan berbeda dengan mesin 1.200 yang saat ini digunakan pada jajaran mobil murah ramah lingkunganya, yakni Ayla dan Sigra.

"Pada Ayla dan Sigra itu pakai mesin 3NR-VE, sementara Rocky nanti 1.200 cc menggunakan WA-VE engine. Mesin ini belum tersedia, cooming soon," ucap Anjar dalam seremoni peluncuran Rocky secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga: Daihatsu Pastikan Mesin 1.200 cc Rocky Beda dengan Sigra dan Ayla

Berdasarkan informasi yang Kompas.com dapatkan, mesin 1.200 cc WA-VE pada Rocky nantinya tak berbasis empat silinder, namun tiga silinder dan dikabarkan hadir pada semester kedua 2021.

Dengan demikian, memang cukup berbeda dengan mesin 3NR-VE pada Sigra dan Ayla yang mengusung empat silinder, termasuk untuk Calya dan Agya.

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Nah, mesin 1.2L WA-VE yang nantinya akan diaplikasi pada Daihatsu Rocky ini, otomatis juga akan digunakan oleh saudara kembarnya, yakni Toyota Raize. Bisa jadi peluncurannya akan digelar bersama lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.