Grab Indonesia Tambah 1.500 Armada Kendaraan Listrik

Kompas.com - 22/04/2021, 19:11 WIB
Motor listrik GrabBike dengan Viar Q1 GrabMotor listrik GrabBike dengan Viar Q1

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab Indonesia menyatakan akan menambahkan 1.500 unit kendaraan berbasis listrik tahun ini dalam bentuk roda dua maupun roda empat.

Hal ini sebagai bentuk dukungan implementasi percepatan era elektrifikasi kendaraan bermotor di Tanah Air sebagaimana termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2009.

“Perjalanan kami dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi telah dimulai sejak dua tahun yang lalu. Kami sangat berterima kasih kepada dukungan yang telah diberikan dari pemerintah, perusahaan BUMN, mitra sektor swasta, dan pemain industri EV terkemuka,” ujar Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia dalam acara pameran virtual Langkah Hijau, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Yamaha Sebut Nmax Lawas dan Model Baru Tak Saling Kanibal

Sebagai informasi, ekosistem kendaraan listrik tersebut merupakan hasil kemitraan publik-swasta dengan pemerintah, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan produsen kendaraan listrik.

Diantaranya produsen lokal seperti Gesits dan Selis, hingga produsen multinasional seperti Hyundai, Honda, Viar, dan Kymco.

“Selanjutnya, kami akan menambahkan sebanyak 1.500 armada kendaraan listrik sehingga lebih banyak mitra pengemudi dan pengantaran memiliki akses kepada kendaraan listrik di platform kami,” ucap Neneng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CEO Sub Holding Commercial & Trading PT. Pertamina Patra Niaga, Bapak Mas'ud Khamid, Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero), Bapak M. Ikhsan Asaad, CEO Medco Power Indonesia, Bapak Eka Satria, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Mr. SungJong Ha, Direktur VIAR Motor Indonesia, Bapak Yucuanto Susetyo, President Director Kymco Indonesia, Mr. Paul Lin, Direktur PT Juara Bike (Selis), Bapak Wilson Teoh, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Bapak Ahmad Muhibbuddin, dan President of Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, Bapak William P. Sabandar.Grab Indonesia CEO Sub Holding Commercial & Trading PT. Pertamina Patra Niaga, Bapak Mas'ud Khamid, Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero), Bapak M. Ikhsan Asaad, CEO Medco Power Indonesia, Bapak Eka Satria, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Mr. SungJong Ha, Direktur VIAR Motor Indonesia, Bapak Yucuanto Susetyo, President Director Kymco Indonesia, Mr. Paul Lin, Direktur PT Juara Bike (Selis), Bapak Wilson Teoh, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Bapak Ahmad Muhibbuddin, dan President of Intelligent Transport System (ITS) Indonesia, Bapak William P. Sabandar.

Tidak hanya itu, infrastruktur baterai juga dibangun bersama dengan perusahaan BUMN, PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan Pertamina, perusahaan bahan bakar BUMN untuk menghadirkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum tersedia di SPBU Pertamina di Rawa Bokor, Jakarta.

Kerjasama tiga arah itu berupa dukungan listrik PLN dengan tarif khusus, lokasi dan izin Pertamina, aplikasi dan pengoperasian pengisian daya serta Alat Pengisian Daya Kendaraan Listrik Grab bagi pengguna kendaraan roda 4 umum untuk mengisi daya kendaraannya.

Baca juga: Hati-hati, Tiap Hari Puluhan Orang Meninggal di Jalan Saat Mudik

Dari Januari 2020 hingga April 2021, 6.000 armada kendaraan listrik Grab Indonesia diklaim telah telah membantu mengurangi emisi CO2 yang diperkirakan hingga 4.000 ton.

“Angka tersebut setara dengan jumlah penyerapan CO2 oleh lebih dari 190.000 pohon dalam setahun,” kata Neneng.

Grab juga berencana untuk memulai uji coba armada kendaraan GrabBike Electric Protect di Jakarta, Bali, dan Yogyakarta mulai 22 April 2021.

Pembelajaran dari uji coba ini akan menjadi dasar untuk perluasan lebih lanjut penggunaan Kendaraan Listrik untuk konsumen langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.