Jaga Alam, Ban Motor Corsa Hilangkan Pembungkus Plastik

Kompas.com - 22/04/2021, 18:31 WIB
Ban Corsa istimewaBan Corsa
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban sepeda motor Corsa mengumumkan untuk menghentikan penggunaan pembungkus plastik pada ban yang dijual di Indonesia.

Corsa sudah mulai tidak memakai plastik pembungkus sejak 7 April lalu. Secara bertahap diperkirakan masa transisi ini akan berlangsung hingga Mei 2021.

Baca juga: Hati-hati, Tiap Hari Puluhan Orang Meninggal di Jalan Saat Mudik

Langkah ini diambil sebab PT Multistrada Arah Sarana Tbk, produsen ban Corsa mengikuti inisiatif Michelin dalam upaya pengurangan sampah plastik sekali pakai.

Ban Corsa tidak lagi memakai plastik pembungkusFoto: Corsa Ban Corsa tidak lagi memakai plastik pembungkus

Presiden Direktur Michelin dan Multistrada Arah Sarana Steven Vette, mengatakan, dengan menghilangkan plastik pembungkus ban maka akan mengurangi sampah plastik.

“Setiap tahun rata-rata Multistrada Arah Sarana memproduksi 5,5 juta ban motor. Sebagian besar dibungkus plastik sekali pakai, bungkus ini pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Maka itu, guna mengurangi jumlah sampah plastik tunggal, Multistrada menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban di tahun 2022," kata Vette dalam rilis resmi, Kamis (22/4/2021).

Vette mengatakan, penghentian pemakaian bungkus plastik ini dipastikan tidak akan memengaruhi kualitas dan performa ban.

Ban Corsa Foto: Corsa Ban Corsa

Sebelum ban motor, pada Oktober 2020 Multistrada juga telah menghentikan penggunaan bungkus plastik untuk ban mobil merek Achilles yang diekspor ke sejumlah negara.

"Kami percaya, inisiatif ini merupakan langkah yang tepat sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam mencapai proses bisnis yang berkelanjutan,” kata Vette.

"Hal ini juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga 30 persen pada tahun 2025," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X