Cara Benar Simpan APAR di Mobil, Jangan Jauh dari Bangku Pengemudi

Kompas.com - 21/04/2021, 08:12 WIB
Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil Pistonheads.comAlat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap mobil sebaiknya dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai salah satu alat keselamatan. Untuk penyimpanannya pun perlu diperhatikan, tidak bisa diletakkan sembarangan.

Saat terjadi kebakaran atau keadaan darurat, normal saja jika seseorang mengalami kepanikan. Agar tidak kebingungan saat mencari APAR, sebisa mungkin tempat penyimpanannya dekat dengan pengemudi.

Lokasi penyimpanan juga berperan penting dalam efektivitas menangani kebakaran.

Baca juga: Suzuki Klaim APAR yang Digunakan Bisa Atasi 3 Tipe Kebakaran

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, peletakannya harus yang benar. Artinya, mudah dijangkau, tidak terpapar matahari langsung, dan harus benar-benar terikat.

Sebuah mobil mini bus terbakar di dalam ruas Tol Dalam Kota tepatnya dekat Patung Pancoran, Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis (1/4/2021) malam.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sebuah mobil mini bus terbakar di dalam ruas Tol Dalam Kota tepatnya dekat Patung Pancoran, Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis (1/4/2021) malam.

"Pada dasarnya penyimpanan APAR boleh di mana saja, selama tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas penggunanya. Misalnya, di kabin belakang atau di bawah bangku penumpang depan. Penting juga menginformasikan kepada penumpang letak dan cara penggunaannya," kata Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menambahkan, sebaiknya jangan meletakkan APAR di lokasi yang posisinya tersembunyi atau jauh dari jangkauan pengendara serta penumpang.

Baca juga: Sebelum Wajib Buat Mobil Baru, Karoseri Sudah Dahulu Pakai APAR

“Mudah dijangkau dan terlihat, itu yang penting. Ketika terjadi percikan api, pengendara sudah bisa lebih sigap mengambil APAR, tak membutuhkan waktu lama," ujar Jusri

Jusri menambahkan, dengan mudah terlihat, pengendara juga bisa mengecek secara rutin kondisinya, terutama soal usia pakai yang harus diperhatikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X