Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Benar Simpan APAR di Mobil, Jangan Jauh dari Bangku Pengemudi

Kompas.com - 21/04/2021, 08:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap mobil sebaiknya dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai salah satu alat keselamatan. Untuk penyimpanannya pun perlu diperhatikan, tidak bisa diletakkan sembarangan.

Saat terjadi kebakaran atau keadaan darurat, normal saja jika seseorang mengalami kepanikan. Agar tidak kebingungan saat mencari APAR, sebisa mungkin tempat penyimpanannya dekat dengan pengemudi.

Lokasi penyimpanan juga berperan penting dalam efektivitas menangani kebakaran.

Baca juga: Suzuki Klaim APAR yang Digunakan Bisa Atasi 3 Tipe Kebakaran

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, peletakannya harus yang benar. Artinya, mudah dijangkau, tidak terpapar matahari langsung, dan harus benar-benar terikat.

Sebuah mobil mini bus terbakar di dalam ruas Tol Dalam Kota tepatnya dekat Patung Pancoran, Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis (1/4/2021) malam.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sebuah mobil mini bus terbakar di dalam ruas Tol Dalam Kota tepatnya dekat Patung Pancoran, Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis (1/4/2021) malam.

"Pada dasarnya penyimpanan APAR boleh di mana saja, selama tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas penggunanya. Misalnya, di kabin belakang atau di bawah bangku penumpang depan. Penting juga menginformasikan kepada penumpang letak dan cara penggunaannya," kata Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menambahkan, sebaiknya jangan meletakkan APAR di lokasi yang posisinya tersembunyi atau jauh dari jangkauan pengendara serta penumpang.

Baca juga: Sebelum Wajib Buat Mobil Baru, Karoseri Sudah Dahulu Pakai APAR

“Mudah dijangkau dan terlihat, itu yang penting. Ketika terjadi percikan api, pengendara sudah bisa lebih sigap mengambil APAR, tak membutuhkan waktu lama," ujar Jusri

Jusri menambahkan, dengan mudah terlihat, pengendara juga bisa mengecek secara rutin kondisinya, terutama soal usia pakai yang harus diperhatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com