Banyak Kasus Mobil Terbakar, Ini Pentingnya Bawa APAR

Kompas.com - 21/04/2021, 07:12 WIB
Sebuah mobil sedan bernomor pelat A 1246 WY terbakar di Jalan Taman Gandaria tepatnya di depan Apartemen Permata Gandaria, Kramat Pela, Jakarta Selatan terbakar pada Senin (19/4/2021) siang. Dok. HumasjakfireSebuah mobil sedan bernomor pelat A 1246 WY terbakar di Jalan Taman Gandaria tepatnya di depan Apartemen Permata Gandaria, Kramat Pela, Jakarta Selatan terbakar pada Senin (19/4/2021) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar terjadi lagi di daerah Gandaria, Jakarta Selatan. Kejadian ini tidak bisa dianggap sepele dan sepatutnya dijadikan pelajaran.

Disebutkan mobil tiba-tiba terbakar saat dikendarai. Menurut saksi mata, sempat terdengar ledakan di sela-sela kebakaran.

“Tadi situasinya lampu merah. Pas lampu ijo kebakar,” ujar Endang saat ditemui Kompas.com di lokasi kebakaran, Senin (19/4/2021) siang.

Baca juga: Mobil Terbakar di Dekat Gandaria City, Lalu Lintas Sempat Macet

Untuk itu, penting bagi setiap mobil untuk membawa Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Sehingga, jika terjadi kebakaran, dapat langsung ditangani.

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobilPistonheads.com Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, APAR memang bukan alat utama tapi bisa menjadi alat pelengkap ketika dibutuhkan untuk memadamkan api saat kecelakaan, atau bahkan menolong orang lain yang membutuhkan.

“Saat kecelakaan, besar kemungkinan percikan api muncul dari mobil yang mengalami benturan dan gesekan. Karena jangan sampai kita menjadi penonton apabila mobil mengalami kebakaran. Bukan masalah di-cover oleh asuransi, tapi tanggung jawabnya,” kata Sony.

Baca juga: Daihatsu Klaim Pasang APAR Tanpa Ganggu Kenyamanan

Budianto, pemerhati masalah transportasi, juga mengatakan hal yang senada. Menurutnya, dengan adanya APAR di setiap mobil, kebakaran mobil bisa dicegah agar tidak semakin meluas dan merembet ke bagian lainnya.

“Adanya APAR minimal kalau terjadi kebakaran ada tindakan yang cepat atau preventif sehingga kebakaran tidak menjalar yang lebih besar atau untuk menekan resiko yang lebih besar,” ujar Budianto.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.