Kompas.com - 20/04/2021, 19:15 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kabar baik bagi para pemilik kendaraan bermotor di Jawa Timur. Pasalnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai memberikan potongan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mulai Selasa (20/4/2021) hingga 24 Juni 2021 mendatang.

Dilansir dari unggahan akun instagram milik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di @khofifah.ip, terdapat pengurangan pokok PKB sebesar 15 persen untuk kendaraan roda 2 dan roda 3. Ada pula potongan sebesar 5 persen untuk kendaraan roda 4 atau lebih.

Selain diskon pajak tahunan, Pemprov Jatim juga memberikan kesempatan pemutihan atau pembebasan sanksi administratif PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Kesempatan untuk melakukan pemutihan ini berlaku pada periode yang sama.

Baca juga: Pahami Waktu Ganti Filter Solar pada Mobil Mesin Diesel

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by khofifah indar parawansa (@khofifah.ip)

 

"Program pemutihan dan diskon pajak kendaraan bermotor tersebut diberlakukan agar warga tidak semakin terbebani dengan biaya pajak di masa-masa pandemi seperti saat ini," ucap Mohammad Yasin selaku Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jatim, dilansir dari Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Sebagai pengingat, pemutihan denda pajak bukan berarti mengubah besaran pajak yang wajib dibayarkan.

Besaran pajak tetap sama. Yang berbeda hanyalah sanksi administratif atau denda yang harusnya dibebankan telah hilang.

Baca juga: Upaya PO Sumber Alam Tekan Risiko Kecelakaan Fatal

Jika seorang wajib pajak menunggak pajak hingga 2 tahun, maka ia cukup membayar pajak selama 2 tahun tersebut tanpa ada tambahan denda.

Dilansir dari Catatan Badan Pendapatan Daerah Jatim, sepanjang triwulan pertama tahun 2021, sebanyak 18,09 persen wajib pajak belum membayarkan kewajibannya.

Adanya pemutihan denda pajak dan diskon pajak ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bagi masyarakat Jawa Timur agar melakukan kewajiban melunasi pajaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.