Suzuki Klaim APAR yang Digunakan Bisa Atasi 3 Tipe Kebakaran

Kompas.com - 26/01/2021, 13:11 WIB
APAR pada Suzuki Carry Facelift 2021 SUZUKI INDOMOBIL SALESAPAR pada Suzuki Carry Facelift 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengikuti regulasi pemerintah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan bila semua produk yang dipasarkan pada 2021 telah dilengkapi alat pemadam api ringan atau APAR.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development mengatakan, adanya APAR pada seluruh unit yang dijual Suzuki diharapkan bisa mengurangi risiko kebakaran di dalam mobil.

"Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada tiap unit mobil Suzuki VIN 2021 tentu juga sebagai upaya menekan angka kasus mobil terbakar yang bisa membahayakan," ucap Yulis dalam keterangan resminya, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: Reaksi Suzuki Indonesia soal Keputusan Produksi Jimny di India

APAR yang disematkan Suzuki pada tiap mobil barunya sudah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Sementara material isinya, menggunakan dry chemical powder yang berguna menutup permukaan kebakaran atau api dari kontak dengan oksigen.

Dengan demikan, Yulius menjelaskan bila api bisa dipadamkan dengan waktu yang cepat. Penggunaan dry chemical powder juga tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya.

Suzuki Carry Wide Deck Facelift APAR 2021SUZUKI INDOMOBIL SALES Suzuki Carry Wide Deck Facelift APAR 2021

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suzuki mengklaim APAR yang digunakan bisa mengatasi tiga tipe kebakaran pada kendaraan, pertama kebakaran benda padat non logam, seperti kertas, kain, kayu, dan plastik. Kedua kebakaran di benda gas, uap, atau cairan seperti metana, amoniak, dan juga solar.

Baca juga: Sebelum Wajib Buat Mobil Baru, Karoseri Sudah Dahulu Pakai APAR

Terakhir, APAR tersebut juga bisa diandalkan untuk memadamkan kebakaran pada sektor kelistrikan mobil yang mungkin terjadi pada mobil saat sedang digunakan.

Suzuki mengklaim APAR yang disematkan memiliki masa berlaku atau jangka pakai hingga 8 tahun dalam kondisi belum dibuka. Konsumen yang ingin membeli unit APAR tersebut bisa langsung ke diler resemi Suzuki terdekat.

Letak APAR pada Suzuki Carry Facelift 2021SUZUKI INDOMOBIL SALES Letak APAR pada Suzuki Carry Facelift 2021

"Kami harap kehadiran APAR pada tiap mobil Suzuki bisa menambah rasa aman dan nyaman bagi konsumen. Adanya tambahan fitur keamanan ini, konsumen tak perlu lagi membayar karena sudah termasuk di dalam harga kendaraan," kata Yulius.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X