Peminat Raize dan Rocky Ramai, Jangan Sampai Kena PHP

Kompas.com - 21/04/2021, 07:02 WIB
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019. carspiritpk.comToyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100 persen untuk mobil berkapasitas di bawah 1.500 cc telah berlaku sejak Maret hingga Mei 2021.

Meski belum meluncur, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dipastikan mendapat diskon pajak lantaran memenuhi syarat dengan komponen lokal minimal 70 persen. Kondisi ini sontak membuat sejumlah calon konsumen di Indonesia mulai bermunculan. Apalagi, setelah meluncur di Jepang, Raize jadi salah satu model terlaris di sana. 

Namun, menurut sejumlah pramuniaga, hanya ada segelintir Raize dan Rocky yang bisa dibeli konsumen pada periode diskon PPnBM 100 persen.

Baca juga: Menerka Harga Jual MG ZS EV, Calon Mobil Listrik Termurah

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

“Untuk Raize saat ini pemesanan sudah dibuka, bahkan sudah dari sebelum IIMS,” ujar salah satu tenaga penjual Toyota di ajang IIMS Hybrid 2021, kepada Kompas.com (20/4/2021).

“Tapi kalau mau dapat diskon PPnBM harus cepat-cepat, infonya cuma ada sekitar 200-an unit yang tersedia untuk relaksasi tahap pertama ini. Peminat Raze juga lumayan, di pameran ini sudah ada yang pesan 3 unit,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, salah satu tenaga penjual Daihatsu mengatakan, bahwa Rocky diperkirakan bakal meluncur pada akhir April ini atau awal Mei 2021. Jangan sampai para calon konsumen Raize dan Rocky ini kena istilah pemberi harapan palsu (PHP) karena mengejar insentif pajak besar.

Baca juga: Suzuki Jimny Makin Gagah Pasang Body Kit ala G-Class

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

“Harganya start dari kisaran Rp 180 jutaan sampai Rp 200 jutaan, yang pesan lumayan banyak, karena biar dapat diskon PPnBM,” ucap pramuniaga tersebut, kepada Kompas.com pada kesempatan yang sama.

“Kalau sudah melewati kuota awal, nanti akan diberikan pada periode berikutnya dengan diskon PPnBM 50 persen,” katanya.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, pihaknya telah memastikan peluncuran Raize.

Baca juga: Mobil Pribadi Nekat Jadi Travel Siap-siap Kena Denda Rp 500.000

Booth Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2021Toyota Astra Motor Booth Toyota Astra Motor di ajang IIMS 2021

"Seperti yang saya bilang sebelumnya, untuk Raize tak perlu khawatir. Pastinya tidak ada kendala soal persiapan, dan sudah didaftarkan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mendapatkan PPnBM ke pemerintah," ucap Anton, dalam konferensi virtual (15/4/2021).

"Untuk waktunya mohon maaf, belum bisa kami sampaikan karena memang masih ada beberapa persiapan-persiapan. Tapi yang pasti tidak ada kendala soal Raize, jadi tinggal ditunggu saja tanggal baiknya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.