Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raize dan Rocky Terancam Gagal Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

Kompas.com - 17/03/2021, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang ditanggung pemerintah (DTP) terhadap Toyota Raize dan Daihatsu Rocky belum pasti atau bisa batal.

Pasalnya, saat ini pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku manufaktur masih melakukan persiapan untuk memproduksi dua model mobil baru tersebut di dalam negeri, khususnya pada bagian mesin.

Jika komitmen awal produsen meleset dari target, yakni pemenuhan local purchase minimum 70 persen, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memberikan sanksi dan menghapus tipe kendaraan terkait dari daftar yang berhak mendapatkan insentif. Syarat local purchase, adalah jumlah presentase tertentu dalam pembelian komponen dari dalam negeri

Baca juga: Rocky Jadi Mobil CVT Pertama Daihatsu di Indonesia

Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019

Demikian diungkapkan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Sony Sulaksono kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

"Secara perhitungan mereka, kedua tipe baru itu akan mampu untuk memenuhi persyaratan penerimaan insentif salah satunya local purchase 70 persen. Tapi apabila perusahaan tak mampu memenuhi ketentuannya akan diberikan sanksi administratif," kata dia.

"Dan/atau, tipe kendaraan bermotor tersebut dihapus dalam daftar yang berhak mendapatkan PPnBM DTP. Ini dilakukan saat evaluasi per-3 bulan," lanjut Sony.

Untuk diketahui, local purchase 70 persen merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi pabrikan untuk mendapatkan insentif PPnBM. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 20 Tahun 2021.

Tak hanya itu, model terkait juga harus memenuhi rincian komponen tertentu dalam pembelian lokal, seperti termaktub dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021.

Baca juga: Insentif PPnBM Bakal Dikaji, Ada Syarat Mutlak buat Dapat Insentif

Daihatsu Rocky Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/Stanly Ravel Daihatsu Rocky Tokyo Motor Show 2019

Local Purchase sendiri berbeda dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), yang merupakan total penghitungan pembelian lokal dalam perakitan suatu produk mulai dari biaya logistik, ongkos kerja, kelistrikan, dan lainnya.

Dari catatan redaksi, sampai detik ini ADM belum memiliki fasilitas produksi mesin turbo yang nantinya digunakan Rocky dan Raize. Padahal, kedua produk ini akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Rencananya, komponen mesin itu akan diimpor dari Jepang. Setelah sebelumnya Daihatsu Indonesia lebih dulu ekspor crankshaft alias kruk as ke Jepang untuk dilakukan penyesuaian (melengkapi dengan turbo).

Artinya, sangat kecil kemungkinan pabrikan dapat langsung memenuhi syarat local purchase 70 persen agar mendapatkan insentif PPnBM.

Baca juga: Raize dan Rocky Masuk Daftar Penerima Insentif Pajak 0 Persen

Bocoran NJKB Daihatsu Rockyhttp://keuda.kemendagri.go.id/ Bocoran NJKB Daihatsu Rocky

"Hal yang bisa saya katakan saat ini, pihak ADM sedang dalam proses set-up line assembling untuk Engine Raize dan Rocky secara in house dan diharapkan selesai dalam waktu segera," kata Sony.

Di samping itu, beberapa bagian dari mesin yang akan dipakai bakal disuplai oleh industri komponen dalam negeri agar memenuhi syarat local purchase.

Tapi hingga berita ini diterbitkan, pihak ADM masih belum mau berkomentar banyak karena satu-dua hal yang berkaitan dengan aturan perseroan.

"Bukannya tidak berkenan, tapi saya belum bisa berikan komentar apa-apa mengenai Rocky. Pada waktunya, akan kita berikan jawaban," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director and Corporate Planning and Communication Director ADM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com