Menerka Harga Jual MG ZS EV, Calon Mobil Listrik Termurah

Kompas.com - 20/04/2021, 09:42 WIB
Mobil listrik MG ZS EV KOMPAS.com/DIO DANANJAYAMobil listrik MG ZS EV

JAKARTA, KOMPAS.com – Lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, MG Motor Indonesia mengenalkan mobil listrik ZS EV. Secara tampilan mobil ini sama dengan MG ZS yang sudah hadir sejak 2020, namun dengan jantung pacu motor listrik berbasis baterai.

Meski telah dikenalkan, mobil ini belum dijual secara resmi. Termasuk juga harganya yang belum diungkap ke publik.

Namun, dari spesifikasi dan segmentasi yang diincar, terlihat bahwa mobil ini bakal jadi pesaing serius Hyunda Kona Electric, yang saat ini jadi salah satu mobil listrik murni paling terjangkau, bersama Ioniq.

Baca juga: Nekat Mudik ke Solo, Siap-siap Kena Karantina

MG ZS EVKOMPAS.com/DIO DANANJAYA MG ZS EV

“Untuk harganya seperti apa dan kapan dijual resminya, tunggu saja. Yang jelas saat ini kami ingin masyarakat kenal dulu dengan produk kami ini,” ujar Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih akan fokus pada perkenalan produk serta menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkaca dari data NJKB di Permendagri Nomor 1 tahun 2021, MG ZS EV memiliki harga dasar NJKB sebesar Rp 423 juta dan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) Rp 444,150 juta.

Baca juga: Seberapa Hemat Penggunaan Mobil Listrik Dibanding Mesin Bensin?

Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLUKOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

Sementara NJKB Kona EV sebesar Rp 476 juta dan DPP Rp 499,8 juta. Adapun Ioniq EV yang saat ini menjadi mobil listrik berbasis baterai termurah memiliki NJKB Rp 413 juta dan DPP Rp 433,650 juta.

Artinya, kemungkinan MG ZS EV akan dihargai di antara kedua mobil listrik tersebut. Pasalnya, ZS EV terpantau punya NJKB sebesar Rp 423 juta dan DPP Rp 444,150 juta.

Tapi jika melihat situs MG Thailand, ZS EV dipatok 1.190.000 baht atau setara Rp 552 jutaan, yang jauh lebih murah daripada harga Kona EV maupun Ioniq EV.

Baca juga: Jangan Asal Bisa, Belajar Setir Mobil Wajib dengan Tenaga Profesional

Ilustrasi mobil listrik MG ZS EVKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi mobil listrik MG ZS EV

Seperti diketahui, harga Kona EV dari situs resmi Hyundai sebesar Rp 697 juta, dan Ioniq EV Rp 637 juta (tipe Prime) serta Rp 677 juta (tipe Signature).

"Pada saat kita ingin memberikan suatu produk pasti kita sudah riset sedemikian rupa, karena kalau bicara harga pasti equal dengan produk quality, dan market acceptance," kata Arief.

"Saya sudah jelaskan juga akan ada another electric yang akan dicoba masyarakat Indonesia di tahun ini juga, Harganya akan menyesuaikan dengan kemampuan dan ekspektasi dari masyarakat Indonesia," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X