Segini Biaya Kepemilikan Toyota Sienta Welcab, Sebulan Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 05/04/2021, 17:11 WIB
Toyota Sienta Welcab Dok. IstimewaToyota Sienta Welcab

JAKARTA, KOMPAS.com - Sienta Welcab resmi diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Agustus 2020 lalu. Meski tidak mengalami ubahan pada bagian eksterior, peningkatan yang didapatkan Toyota Sienta Welcab pada interior cukup signifikan.

Salah satu yang baru terlihat pada sektor kursi kiri tengah, yakni pemasangan kursi welcab di kabin.

Interiornya memang sengaja diperuntukkan untuk mempermudah penumpang dengan status difabel.

Sehingga penumpang dapat dengan sendirinya mengatur kursi sebelah kiri keluar masuk hanya melalui sentuhan remote.

Baca juga: Bukan Cuma Gas dan Rem, Begini Cara Aman Wanita Naik Motor Matik

Usai menjajal langsung di rute dalam dan luar kota, kami jadi penasaran berapa biaya kepemilikan yang harus disiapkan konsumen Toyota Sienta Welcab?

Sebagai gambaran, kita ambil contoh tipe otomatis. Pada servis pertama untuk biaya jasa dari jarak tempuh 10.000 km sampai 50.000 km gratis. Konsumen baru akan dikenakan biaya mulai 60.000 km ke atas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk biaya jasa servis dari 60.000 km hingga 100.000 km atau selama 5 tahun, jika dijumlahkan biayanya mencapai Rp 8.488.600.

Biaya tersebut sudah termasuk penggantian spare part (oli mesin, filter oli mesin, filter udara, minyak rem, penambahan pergantian filter AC dan lain-lain).

Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas

Jika diestimsikan penggunaan mobil sampai 100.000 km adalah lima tahun, berarti servis pertahunnya adalah Rp 1.697.720.

Selanjutnya, yang perlu disiapkan adalah berapa pajak tahunan Toyota Sienta Welcab. Misalnya, untuk plat Jakarta, pajak tahunan Toyota Sienta Welcab untuk plat B yakni Rp 6.491.000

Selain biaya servis, perlu diingat juga berapa biaya bahan bakar yang dikeluarkan. Berdasarkan hasil tes Kompas.com, Toyota Sienta ini memiliki konsumsi bahan bakar 10,3 km per liter.

Baca juga: Klasik dan Resik, Ubah Yamaha Scorpio Jadi Motor Trail Jadul

Estimasi pemakaian yang Kompas.com tulis adalah 100.000 km atau lima tahun. Jika dihitung, dalam lima tahun Toyota Sienta Welcab ini menghabiskan 9,708 liter bensin per lima tahun. Artinya per tahunnya sekitar 1.941,6 liter.

Jika dikalikan dengan harga Pertalite (Rp 7.650) dalam setahun, Toyota Sienta Welcab membutuhkan Rp 14.853.240 untuk bahan bakarnya.

Jadi, kalau dijumlahkan biaya servis, pajak dan bahan bakar (pertalite), Toyota Sienta Welcab ini menghabiskan biaya Rp 23.041.960 dan jika dibagi per bulannnya menjadi Rp 1.920.163



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.