Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Pemudik Nekat, Polda Jatim Akan Putar Balikkan Kendaraan

Kompas.com - 06/04/2021, 13:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Larangan mudik pada 2021 telah diresmikan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa keputusan pemerintah yang melarang mudik tahun ini sudah final alias tidak bisa berubah lagi.

Larangan mudik 2021 berlaku untuk aparatur sipil negara, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat.

Sebagai tindak lanjut, Polda Jatim tengah mempersiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi arus mudik yang kemungkinan masih akan terjadi.

Baca juga: Ternyata Remaja Perempuan Gemar Main Ponsel Saat Mengemudi

Suasana di Dermaga Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (8/6). Antaranews Suasana di Dermaga Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (8/6).

Ditlantas Polda Jatim akan mendirikan pos-pos penyekatan di perbatasan provinsi, baik itu di perbatasan Jateng-Jatim maupun Jatim-Bali.

Pos penyekatan ini akan dilengkapi dengan fasilitas test swab antigen. Jika terindikasi Covid-19 maka akan diarahkan untuk melakukan isolasi. Namun, jika tidak terindikasi, akan langsung diminta untuk putar balik.

Tidak hanya pada jalur arteri, rencananya pos-pos penyekatan juga akan disiapkan di jalur non-arteri.

"Pos-pos akan didirikan baik di jalur arteri maupun non-arteri. Mulai dari perbatasan Tuban-Rembang, Bojonegoro-Blora, Ngawi-Sragen, Magetan-Karanganyar, Ponorogo dan Pacitan dengan Wonogiri. Juga di Pelabuhan Ketapang," kata Wakil Dirlantas Polda Jatim AKBP Didit Bambang Wibowo Saputra saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Seberapa Irit Konsumsi BBM Hyundai Palisade

Polres Ngawi melakukan penyekatan kendaraan yang nekat mudik di  pintu exit sit tol. Puluhan kendaraan dipaksa putar balik menuju kota asal mereka ketika hendak keluar dari pintu exit tol Ngawi.KOMPAS.COM/SUKOCO Polres Ngawi melakukan penyekatan kendaraan yang nekat mudik di pintu exit sit tol. Puluhan kendaraan dipaksa putar balik menuju kota asal mereka ketika hendak keluar dari pintu exit tol Ngawi.

Penyekatan tersebut tidak hanya berlaku untuk pemudik dengan kendaraan pribadi. Didit juga menjelaskan bahwa Polda Jatim tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dalam menindak pemudik yang menggunakan kendaraan umum.

"Kami terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik. Sama seperti kemarin kami mengimbau saat terjadi libur panjang," kata Didit menambahkan.

Untuk waktu detail pelaksanaan kebijakan penyekatan di Jawa Timur, Didit belum memberikan tanggal pasti. Ia mengatakan bahwa persiapan penyekatan sudah mulai dilakukan pada awal bulan puasa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com