Refleks Sigap Pengemudi Fortuner Menghindari Kecelakaan di Tol

Kompas.com - 29/03/2021, 07:42 WIB
Hindari tabrakan beruntun instagram.com/dashcam_owners_indonesiaHindari tabrakan beruntun

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu video yang menayangkan refleks sigap pengemudi Toyota Fortuner dalam menghindari ancaman kecelakaan di jalan tol

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia, terlihat mobil berwarna hitam tersebut sedang melaju dalam kecepatan relatif tinggi.

Kondisi hujan lebat mengganggu visibilitas pengemudi tersebut sehingga tidak memperhatikan kendaraan yang tiba-tiba berhenti di depannya. Alhasil demi menghindari terjadinya tabrakan beruntun, driver Fortuner itu langsung banting setir ke kanan hingga mobilnya keluar jalan utama.

Aksi ini sekaligus menunjukkan setiap pengemudi mutlak dalam konsentrasi penuh saat mengemudikan kendaraan di jalan umum, karena bahaya bisa muncul tiba-tiba.

Baca juga: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Touring Pakai Skutik

Berkat konsentrasi yang terjaga, kendaraan lain yang tepat berada di belakang mobil Fortuner itu, juga sigap langsung menghindar. Tabrakan beruntun akhirnya dapat dihindari.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Agar terhindar dari kondisi berbahaya seperti itu, setiap kendaraan harus memiliki jarak aman dengan kendaraaan lain, baik di depan ataupun di belakang.

Training Direction Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, cara mengukur jarak antar kendaraan menggunakan satuan detik bukan metrik.

“Di luar negeri tidak ada dan tidak dipelajari menghitung satuan jarak dengan meter, karena akan sulit dan selalu berubah-ubah. Semuanya dihitung dengan satuan detik,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Berdasarkan teori Defensive Driving, jarak aman antar kendaraan baik di depan maupun di belakang adalah 3 detik. Lantas, bagaimana cara mengukurnya?

Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-VHPM Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-V

Menurut Jursi, cara ini bisa dilakukan dengan mengikuti kendaraan yang searah dan pastikan kecepatan kendaraan kita dengan yang didepannya itu sama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.