Kompas.com - 28/03/2021, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pegiat touring, umumnya sepeda motor jenis sport jadi pilihan utama. Alasannya karena motor jenis ini memiliki kapasitas mesin yang besar dan stabil pada kecepatan tinggi.

Namun, belakangan ini makin banyak orang melakukan touring dengan menggunakan motor matik.

Meski tidak semua motor matik memiliki kapasitas mesin yang besar, faktor kepraktisan jadi alasan utama memilih motor matik sebagai kendaraan touring.

Sama seperti motor jenis lain, sebelum melakukan touring menggunakan motor matik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Pada dasarnya sama seperti motor jenis lain, lakukan pemeriksaan awal pada kendaraan sebelum melakukan touring," kata Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC) saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/3/2021).

Baca juga: Sepupu Honda Vario 125 Meluncur, Bagasinya Bisa Masuk 2 Helm

Ilustrasi motorOtomania/Setyo Adi Ilustrasi motor

Terdapat enam komponen utama dalam pengecekan kondisi kendaraan sebelum melakukan touring disingkat T-CLOCK, yaitu Tires & Wheels, Control, Light, Oil, Chasis, dan Kickstand.

Pastikan keenam komponen tersebut dalam kondisi prima agar saat perjalanan tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

"Jangan lupakan juga kondisi kickstarter harus pada kondisi baik. Umumnya pengendara motor matik mengandalkan starter elektrik. Padahal kita tetap harus mempersiapkan diri terhadap kemungkinan masalah kelistrikan di perjalanan meski enam komponen yang disebutkan di awal sudah dicek semua," kata Marcell menambahkan.

Selain kondisi kendaraan yang prima, pengendara pun juga harus dalam kondisi 100 persen siap melakukan touring baik secara fisik maupun psikis.

Pastikan untuk mengenakan pakaian berwarna terang agar mudah dilihat pengguna jalan lain. Pakai juga helm jenis full face, celana panjang, sepatu dengan tinggi di atas mata kaki, serta sarung tangan full fingered.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.