Antisipasi Berkendara di Sekitar Kendaraan Besar

Kompas.com - 28/03/2021, 19:21 WIB
Blind spot truk detikotoBlind spot truk
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya merupakan fasilitas umum dimana banyak macam kendaraan yang menggunakannya. Keselamatan dalam berkendara wajib diperhatikan oleh semua pengguna jalan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berkendara di jalan raya, terutama saat berkendara berdampingan ataupun di belakang kendaraan besar seperti truk besar dan bus.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2021, Bagnaia Start Pertama dan Rossi Keempat

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, saat berkendara berdampingan ataupun dibelakang kendaraan besar, pengendara harus tetap selalu waspada. Meskipun kebanyakan kendaraan besar berjalan dengan hati-hati ataupun lambat.

Screen shot video soal blind spot pada trukfacebook.com Screen shot video soal blind spot pada truk

"Yang perlu diperhatikan saat berkendara bersama kendaraan besar adalah, pentingnya mengetahui lokasi blind spot kendaraan tersebut," Ucap Marcell kepada Kompas.com, Minggu (28/03/2021).

Baca juga: Daftar Lelang Mobil Dinas, Innova Mulai Rp 30 Jutaan

Marcell juga mengatakan bahwa semakin besar kendaraan semakin besar juga blind spot-nya. Area blind spot adalah area yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi kendaraan besar baik melalui spion ataupun secara langsung.

Maka dari itu area blind spot harus dihindari jika kita berkendara bersama dengan kendaraan besar.

Selanjutnya, yang perlu dilakukan ketika berkendara bersama dengan kendaraan besar adalah menjaga jarak. Menjaga jarak aman adalah hal yang perlu dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan.

Sopir truk melambung ke kanan Jalan Barito 1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan agar tak tersangkut kabel yang semrawut dan menjuntai ke jalan pada Jumat (26/2/2021) sore.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sopir truk melambung ke kanan Jalan Barito 1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan agar tak tersangkut kabel yang semrawut dan menjuntai ke jalan pada Jumat (26/2/2021) sore.

Kendaraan besar seperti bus yang mengangkut dan menurunkan penumpang bisa saja secara tiba tiba berganti jalur untuk menaikkan atau menurunkan penumpang.

Sementara itu kendaraaan besar lainnya juga memiliki kemungkinan untuk menghindari rintangan yang ada di depannya.

Baca juga: Bahas Interior CR-V Facelift, Makin Segar meski Ada yang Kurang

Kemudian antisipasi selanjutnya yaitu jangan menyalip kendaraan besar sembarangan. Karena informasi yang kita dapatkan mengenai visual keadaan jalan di depan kendaraan besar sedikit, karena pandangan kita tertutup oleh dimensi kendaraan itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X