Desain Khas yang Ada pada Bus PO Eka dan Mira serta Sugeng Group

Kompas.com - 23/03/2021, 09:42 WIB
Bus PO Mira DOK. LAKSANABUSBus PO Mira

JAKARTA, KOMPAS.comBus PO Eka dan Mira memang menjadi salah satu pesaing dari PO Sumber Group yang meliputi Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat. Keempat PO bus ini bermain di segmen ekonomi dan patas (cepat dan terbatas).

Selain itu, ada keunikan dari beberapa bus ini, pertama untuk Eka dan Mira, memakai lampu tambahan yang ada di bagian atap. Lampu ini bentuknya bulat dan berwarna kuning, posisinya tepat ada di tengah bagian atas.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, lampu tersebut merupakan lampu sorot. Lampu ini ditambah dari karoseri mengikuti permintaan dari PO bus.

Baca juga: Polisi Tidak Boleh Merusak Knalpot Bising yang Kena Razia

Bus Eka CepatYOUTUBE.com/BUS EKA PATAS Bus Eka Cepat

“Itu ada lampu sorot, permintaan dari PO. Lampunya dari PO, semacam lampu kabut dan dipasangkan oleh karoseri,” ucap Werry kepada Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Sedangkan untuk PO dari Sumber Group, memasang tambahan di bagian atap depan seperti yang biasanya ada di atap taksi. Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan tambahan aksesoris di atap ini agar dikenali penumpangnya.

“Setahu saya buat pengenal ke calon penumpang atau sesama PO waktu kresan (berpapasan) di jalan,” ucap Dimas kepada Kompas.com.

Baca juga: Honda Super Cub C125 Punya Warna Baru, Cek Harganya

PO Sumber GroupDOK. LAKSANABUS PO Sumber Group

Selain PO Eka Mira dan Sumber Group, ciri khas lewat lampu yang dipasang di atap bus ini juga digunakan oleh PO Akas dan Harapan Jaya. Kedua PO ini memakai variasi warna lampu di bagian atapnya.

“Ada ciri khas warna dan penempatannya. Akas memakai lampu kecil dan jumlahnya banyak, kalau Harapan Jaya ada empat lampu, dua di tengah memiliki warna yang berbeda, yakni biru, sedangkan di pinggir kuning,” kata Dimas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X