Mobil Kota Berubah Jadi SUV, Toyota Aygo Cross Siap Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 23/03/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi Toyota Aygo Cross EUROPE.AUTONEWS.comIlustrasi Toyota Aygo Cross

JAKARTA, KOMPAS.com – Ramainya pasar SUV mungil membuat Toyota mengeluarkan isyarat untuk mengubah mobil kota Aygo. Seperti diketahui, Toyota Aygo merupakan salah satu city car terlaris di Eropa yang dipasarkan sejak 2005.

Lance Scott, Design Director of Toyota ED2 Studio, generasi baru Aygo akan dibuat lebih berani dan mengejutkan. Sebab secara desain, Aygo sudah terlihat cukup menonjol di kelasnya.

“Idenya untuk membentuk model yang menjanjikan banyak kesenangan,” ujar Scott, dilansir dari Automotive News Europe (22/3/2021)

Baca juga: Mengenal PO Eka dan Mira, Lawan Berat PO Sumber Kencana

Toyota Aygo CrossEUROPE.AUTONEWS.com Toyota Aygo Cross

Proyek yang diberi nama Aygo X Prologue ini dirancang di studio ED2 di Sophia-Antipolis, dekat Nice, Perancis. Secara dimensi, Aygo X Prologue akan memiliki panjang 3.700 mm atau lebih panjang 5 mm dari Aygo.

Karena menjadi SUV, dari sisi ground clearance bakal mendapat peningkatan dibanding model sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan soal namanya, besar kemungkinan mobil ini akan diberi nama Aygo Cross. Meniru penamaan pada Yaris Cross.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Akan Diterapkan Tilang Elektronik Secara Nasional

Toyota Aygo CrossEUROPE.AUTONEWS.com Toyota Aygo Cross

Sebab secara basis, keduanya juga punya kemiripan, dengan sama-sama menggunakan Toyota New Global Architecture versi GA-B.

Bicara perihal dapur pacu, Toyota mengatakan bakal menyiapkan versi mesin bakar internal untuk menjaga mobil tetap terjangkau di segmen yang sensitif dengan harga.

Meski begitu, belum diketahui apakah Aygo Cross ini akan memiliki mesin hybrid seperti yang diusung Yaris Cross atau tidak. Namun, Toyota memastikan bahwa model ini tidak akan menjadi mobil listrik berbasis baterai.

Aygo Cross diprediksi bakal dikenalkan ke publik sekitar enam bulan ke depan. Mobil ini rencananya bakal diproduksi di pabriknya di Kolin, Republik Ceko, tempat di mana Aygo bersama Peugeot 108 dan Citroen C1 sama-sama dibuat.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.