Harapan Positif buat PO Bus Pemain Lintas Sumatra

Kompas.com - 16/03/2021, 19:11 WIB
Bus PO SAN yang Roadshow ke Sumatera INSTAGRAM/BAYUKERENBus PO SAN yang Roadshow ke Sumatera

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terjadi lebih dari satu tahun. Efeknya, para Perusahaan Otobus (PO) mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan, hampir menurun 70 persen.

PerpalZ TV, channel YouTube yang membahas khusus dunia otomotif dan transportasi darat di Indonesia, berinisiatif untuk melakukan Sumatra Roadshow 2021 yang akan mengunjungi para pelaku usaha di bidang transportasi darat, khususnya bus, yang ada di Sumatra. 

Founder dan Host PerpalZ TV, serta Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengatakan, perlu adanya upaya bersama untuk membangkitkan industri bus akibat pandemi ini dengan memberikan harapan positif kepada pelaku usaha dan masyarakat. 

Baca juga: Sri Mulyani Buka Peluang Insentif Pajak bagi Innova dan Fortuner

https://www.instagram.com/p/CMdrgwvlhJx/?igshid=iuys2aegd1k7

 

 

Salah satu caranya yaitu mempertemukan para stakeholders dan pelaku usaha bus untuk membahas bisnis angkutan bus dan bagaimana bisnis dilakukan kedepannya, serta menginformasikan tentang perkembangan terbaru dunia bus termasuk infrastruktur pendukungnya.

“Diharapkan dengan Sumatera Roadshow 2021 With PerpalZ TV ini menunjukkan geliat industri transportasi darat khususnya bus. Roadshow ini juga akan melihat seperti apa infrastuktur jalan di Sumatra, jalan tol saat ini dari Lampung sudah sampai ke Palembang dan kita ingin menunjukkan keamanan dan kenyamaan selama perjalanan menggunakan bus,” ujar Sani dalam acara pembukaan Sumatera Roadshow 2021 With PerpalZ TV, di Jakarta, Minggu (14/3/2021).

Roadshow ini ingin menunjukkan angkutan bus dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai sarana transportasi yang aman, nyaman dan andal, didukung semakin canggihnya teknologi bus saat ini, baik teknologi mesin, pendingin udara, kursi, ban, karoseri, hingga pelumas.

Baca juga: Beredar Vespa 946 Palsu Asal China, Harga Cuma Rp 6 Jutaan

Bus yang digunakan untuk roadshow ini yaitu Laksana SR2 XHD Prime dengan sasis Mercedes Benz OC500 RF 2542 milik PO SAN.

Acara ini berlangsung sejak 15 Maret 2021 hingga 3 April 2021 dengan awal keberangkatan dari Jakarta langsung menuju Palembang dengan menggunakan jalan tol Jakarta-Merak, menyeberang ke Bakauheni, langsung masuk tol Trans Sumatra menuju Palembang.

Kemudian dari Palembang perjalanan akan turun ke Lampung, lalu melintasi pesisir barat menuju Bengkulu, lalu ke Jambi, Padang, kemudian naik ke Pekanbaru, dan Kota Medan Sumatra Utara. Total jarak yang ditempuh dalam roadshow ini sekitar 6.300 km pergi pulang. 

PerpalZ TV juga akan meliput daerah-daerah wisata dan kekayaan kuliner daerah yang ditemui di sepanjang perjalanan. Diharapkan, liputan ini bisa membantu bangkitnya pariwisata di daerah yang juga terimbas oleh Pandemi Covid-19.

https://www.instagram.com/p/CMZomjmli6b/?igshid=10ed912kn8kg

Sumatra Roadshow 2021 ini akan menemui lebih dari 25 pelaku usaha bus di Sumatera, mengulik sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat khususnya otobus di Indonesia.

Seremoni pembukaan dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Minggu (14/3/2021). Penutupan akan dilakukan di Medan, di mana akan banyak pengusaha otobus dari Sumatera Utara dan Aceh akan berkumpul di Medan dan berbincang bersama. 

Dalam ekspedisi ini PerpalZ TV didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, karoseri Laksana, Organda, PT Jasa Raharja (Persero), dan pihak-pihak lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X