Triumph Bonneville Pre-Unit, Inspirasi dari Ajang Balap Zaman Dulu

Kompas.com - 16/03/2021, 15:01 WIB
Motor custom Triumph Bonneville Pre-Unit dengan konsep vintage racing Dok. KustomfestMotor custom Triumph Bonneville Pre-Unit dengan konsep vintage racing

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak gaya atau aliran motor custom yang diadaptasi dari ajang balap, contohnya boardtracker, cafe racer, flattracker, dan lainnya. Tak jarang juga builder yang terinspirasi dari ajang balap lainnya.

Latar belakang tersebut juga yang membuat Bogel Garage yang bermarkas di Kendal membangun motor custom dari basis Triumph Bonneville Pre-Unit lansiran 1960.

Baca juga: Triumph Street Twin Gold Line, Cuma 1.000 Unit di Dunia

"Saya terinspirasi dari ajang balap zaman dulu, di awal-awal era kemunculan Grand Prix di tahun '30-an dan '40-an," ujar Riyanto, builder Bogel Garage, dalam keterangan resminya.

Motor custom Triumph Bonneville Pre-Unit dengan konsep vintage racingDok. Kustomfest Motor custom Triumph Bonneville Pre-Unit dengan konsep vintage racing

Alasan Bonneville Pre-Unit dipilih sebagai basis juga untuk mengorek kembali memori kejayaan Triumph di masa lalu dan membangkitkannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Triumph Pre Unit yang diberi nama "Jonggrang" ini dibangun dengan rangka rigid dan fork girder. Tampilannya jadi semakin kuat nuansa klasiknya.

Baca juga: Triumph Rilis Jajaran Bonneville Model 2021

"Namun, tetap memertahankan orisinalitas dengan rem tromol untuk membuat kesan vintage racing tetap kental," kata Riyanto.

Motor custom Triumph Bonneville Pre-Unit dengan konsep vintage racingDok. Kustomfest Motor custom Triumph Bonneville Pre-Unit dengan konsep vintage racing

Riyanto mengatakan, motor custom ini dilabur dengan warna sky blue dan diberi aksen krom. Pemilihan warna juga terinspirasi dari warna awal kemunculan Triumph Tiger.

"Agar lebih berkesan cerah berkilau layaknya langit biru, dengan harapan masa depan yang cerah," ujar Riyanto.

Tak sedikit bagian atau komponen lainnya yang dibuat secara custom, seperti bagian knalpot dan aksesori yang disematkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.