Beredar Vespa 946 Palsu Asal China, Harga Cuma Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 15/03/2021, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar gambar skuter matik (skutik) buatan pabrikan China yang akan dipasarkan di Vietnam sangat mirip dengan Honda Vario. Ternyata, Vespa 946 pun kena dikloning juga.

Dikutip dari Motosaigon.vn, Senin (15/3/2021), Vespa 946 buatan China ini keluar dengan dua versi, yakni 125 cc dan 150 cc.

Banderolnya sendiri ada di kisaran 10 juta dong atau sekitar Rp 6,2 jutaan.

Baca juga: Giliran Honda Vario Dikloning Pabrikan China

Vespa 946 tiruan ini jika dilihat secara sepintas, tingkat kemiripannya mencapai 90 persen. Tapi, jika dilihat lebih detail, cukup jelas perbedaannya.

Tiruan Vespa 946 buatan pabrikan ChinaDok. Motosaigon.vn Tiruan Vespa 946 buatan pabrikan China

Desain lampu belakang dan tempat duduknya bisa dikatakan sangat mirip. Hanya saja tambahan plastik hitam yang menjadi sepatbor belakang sangat berbeda.

Tiruan Vespa 946 oleh pabrikan ChinaDok. Motosaigon.vn Tiruan Vespa 946 oleh pabrikan China

Selain itu, Vespa 946 yang asli juga tidak memperlihatkan sokbreker belakang. Dek tengahnya juga sangat berbeda dengan Vespa 946 yang asli.

Baca juga: Finja 500 Kloningan Kawasaki ZX-10R Asal China

Tidak disebutkan apa mereknya atau dari pabrikan apa skutik ini berasal. Namun, Vespa imitasi ini dibekali dengan mesin satu silinder, 149,6 cc, dan berpendingin udara.

Kapasitas tangkinya mencapai 5 liter. Lalu, rem depan sudah menggunakan cakram dengan lingkar roda 10 inci. Sayangnya, tidak disebutkan lagi apa saja fiturnya.

Tiruan Vespa 946 buatan pabrikan ChinaDok. Motosaigon.vn Tiruan Vespa 946 buatan pabrikan China

Namun, Vespa 946 palsu ini kabarnya langsung menarik banyak konsumen tak lama setelah meluncur di China.

Sebab, dengan desain yang mirip Vespa 946, tapi harga yang ditawarkan berkali-kali lipat lebih murah.

Sebagai perbandingan, harga Vespa 946 versi Emporio Armani tembus Rp 196 juta. Sementara harga Vespa 946 Red 2021 yang dijual di Indonesia memiliki banderol Rp 181 Juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.