Mengenal Istilah Solar Jatah dan Solar Cor pada Bus AKAP

Kompas.com - 08/03/2021, 14:11 WIB
bus isi bensin Kompas.com/Fathan Radityasanibus isi bensin

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia mayoritas menggunakan mesin diesel. Oleh karena itu, bus-bus besar ini juga diisi dengan bahan bakar solar.

Dalam satu bus, kapasitas tangki bahan bakar sebenarnya tergantung dari si pembuat sasis, kira-kira sekitar 270 liter sampai 400 liter. Untuk mengisi solar, biasanya ada istilah solar jatah dan solar cor, lalu apa maksudnya?

Staf Operasional PO Putera Mulya Ismuyoko mengatakan, dua istilah ini merupakan bagaimana cara perusahaan otobus memberi uang solar kepada krunya, ada yang dijatah dan cor artinya tidak ada batasannya.

Baca juga: Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas

Mercy 1521imotorium.wordpress Mercy 1521

“Solat jatah jadi untuk perjalanan Pulang-Pergi (PP) dijatah, misalnya Jakarta-Wonogiri dijatah 450 liter solar. Kalau lebih, kru akan ditegur dari perusahaan,” ucap Ismuyoko kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk solar cor, tidak ada batasa berapa liter solar yang bisa digunakan kru. Ismu mengatakan, mau bus tersebut menghabiskan berapa liter solar, tetap diisi oleh perusahaan.

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali juga mengatakan, untuk solar jatah, jika sopirnya bisa irit, dia mendapat jatah solar tadi, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Innova Bekas di Jawa Tengah Harganya Stabil, Mulai Rp 120 Jutaan

“Kalau sopir melebihi jatah solar yang diberikan, maka dia harus tombok,” ucap Anthony kepada Kompas.com.

Kemudian soal keputusan memakai solar jatah atau cor, kembali lagi ke PO bus. Anthony mengatakan kalau biasanya bus yang melewati jalur Pantai Utara (Pantura) yang masih memakai solar cor agar bisa ngebut dan cepat.

“Kemudian saat isi solar di SPBU, kalau bus memakai solar jatah, biasanya mesin dimatikan. Sedangkan kalau solar cor, jangankan isi BBM, pas parkir tetap nyala buat ngadem krunya, kata Anthony.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.