Recall Avanza Malaysia Berbuntut hingga ke Indonesia

Kompas.com - 08/03/2021, 12:31 WIB
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia TAM-ADMToyota Avanza dan Daihatsu Xenia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 3.293 unit Toyota Avanza yang dipasarkan di Malaysia, terindikasi mengalami masalah pompa bensin atau fuel pump. Guna mengatasi hal tersebut, UMW Toyota Motor (UMWT), selaku distributor, melakukan kampanye perbaikan alias recall.

Namun rupanya, kasus recall fuel pump pada MPV murah lansiran Oktober 2017 hingga Juni 2019 itu, juga berdampak pada unit yang dijual di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

"Ya kami juga baru dapat informasi tersebut dari Toyota global. Mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia ya. Untuk detailnya masih kami pelajari," ucap Anton dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Jumlah Kasus Recall Fuel Pump Toyota Mendekati 6 Juta Unit

Seperti diketahui, komponen fuel pump sendiri sudah menjadi recall global yang dilakukan oleh Toyota. Tak hanya Avanza, beberapa model sebelumnya juga terjangkit masalah yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengahdok TAM New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengah

Untuk kampanye penarikan dan perbaikan terharap MPV sejuta umat tersebut, serta unit apa saja yang terdampak masalah pompa bensin, Anton mengatakan masih dalam tahap koordinasi lebih dulu.

"Kami sedang koordinasikan baik itu ke manufactruing dan pihak terkait seperti diler dan principal untuk tahu model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di Indonesia, rata-rata di mana, kesiapan part-nya, dan lainnya termasuk mengambil tindakan dan membuat program. Akan segera kami kabari ya," kata Anton.

Sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pabrikan yang memproduksi Avanza dan Xenia juga belum memberikan informasi detail.

Baca juga: Pompa Bensin Bermasalah, Toyota Recall Ribuan Avanza

Toyota Avanza mendarat di Malaysia Toyota Avanza mendarat di Malaysia

 

 

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan, bakal memberikan informasi lengkap pada 18 atau 19 Maret 2021 nanti.

"Nanti saat Daihatsu virtual press conference akan kita jelaskan ya, ditunggu saja 18 atau 19 Maret ini," tulis Amel dalam pesan singkatnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.