Inden Toyota Raize Mulai Dibuka, Simak Estimasi Harganya

Kompas.com - 01/03/2021, 07:22 WIB
Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah muncul dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021, dalam daftar mobil-mobil yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Kini beberapa diler Toyota sudah terpantau membuka inden Raize.

Sebelumnya, Raize jadi salah satu mobil baru yang banyak diperbincangkan beberapa waktu terakhir. Meski belum meluncur secara resmi, SUV kompak ini telah diketahui diproduksi secara lokal.

Daftar Kepmenperin menjelaskan bahwa Raize diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor dengan kandungan lokal mencapai 70 persen.

Baca juga: Siap-siap, Honda City Hatchback Meluncur Pekan Depan

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Konsumen yang meminang Raize berhak mendapatkan relaksasi PPnBM 100 persen dalam tiga bulan pertama pelaksanaan aturan tersebut.

“Konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan inden dengan cara memberikan booking fee sebesar Rp 5 juta,” ujar salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Utara, kepada Kompas.com (28/2/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kemungkinan besar bakal meluncur sekitar Maret atau April 2021, dengan perkiraan harga dari Rp 180 jutaan sampai Rp 250 jutaan,” kata dia.

Baca juga: Pahami Kembali Cara Registrasi SIM Secara Online

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Sinyal awal dijualnya Raize di Tanah Air sebetulnya sudah terlihat dari lampiran Peraturan Menteri (Permen) Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021.

Dalam aturan tersebut, kita bisa melihat dokumen Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Rupanya, Raize akan hadir dengan dua pilihan mesin yang dibuktikan lewat kode A250RA (1.000 cc Turbo) dan A251RA (1.200 cc NA).

Baca juga: Bersama PLN, Industri Kecil Menengah NTB Bikin Ratusan Kendaraan Listrik

Daftar insentif PPnBM 0 persen dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021. Daftar insentif PPnBM 0 persen dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021.

Dokumen tersebut juga menjabarkan bahwa Raize bakal hadir dengan total 6 varian yang terdiri dari 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0T G MT, 1.0T G CVT, 1.0T S CVT, 1.0T S CVT TSS.

Bicara soal banderol, bisa diketahui bahwa harga dasar pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Baru) Raize berada di rentang Rp 153,3 juta sampai Rp 207,9 juta.

Sedangkan jika kita bandingkan dengan Avanza, berada di rentang Rp 159,6 juta (tipe 1.3 E STD M/T) sampai Rp 197 (tipe 1.5 Veloz A/T).

Baca juga: Belajar dari Kasus Bikers dan Paspampres, Ini 9 Area yang Masuk Ranah Ring 1

Fitur smart assist Toyota Raize Fitur smart assist Toyota Raize

Artinya, harga jual Raize diprediksi akan berada di kisaran harga yang mirip dengan Avanza. Untuk diketahui, saat ini Low MPV Toyota dihargai mulai Rp 200,2 juta hingga Rp 251,050 juta.

Dari perbandingan tersebut, kami memprediksi harga jual Raize bakal dipatok mulai Rp 190 jutaan sampai Rp 260 jutaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X