Bersama PLN, Industri Kecil Menengah NTB Bikin Ratusan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 28/02/2021, 11:01 WIB
Motor listrik MBI IstimewaMotor listrik MBI
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kecil menengah (IKM) Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama PT PLN (Persero) berhasil memproduksi 152 kendaraan listrik dalam upaya mendukung program percepatan era elektrifikasi.

Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa provinsi terkait mampu dan siap memanfaatkan kendaraan listrik untuk memberikan kontribusi yang baik bagi bumi, terkhusus Indonesia.??

"Era kendaraan listrik tidak bisa dihindari.Bahkan, Joe Biden, Presiden Amerika Serikat dalam program pertamanya melarang penggalian bahan bakar fosil kembali," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah di keterangan tertulis, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Batasan Usia Mobil 10 Tahun, Bagaimana Jika Pajak Mobil Tua Dinaikkan?

Ilustrasi motor listrik. (Dok. Kredivo) Ilustrasi motor listrik.

"Sebab, dalam waktu dekat AS, Eropa, bahkan China akan menggunakan kendaraan bermotor berbasis listrik. Jadi kita bukan latah ikut-ikutan bahwa NTB akan menggunakan mobil dan motor listrik, tapi ini tuntutan dunia," lanjut dia.

Melalui pencapaian itu, Zul pun memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakt NTB karena telah berhasil membuktikan diri jika wilayahnya mampu melakukan inovasi besar yang memiliki daya saing di kancah internasional.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangankan produk sederhana, kalau dikasih kesempatan IKM kita bisa memproduksi coldstorage, motor listrik, sampai alat rapid test antigen," paparnya.

Pada kesempatan sama, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran menyebut pihaknya ingin menunjukkan bahwa kendaraan listrik telah hadir di NTB sesuai dengan program NTB Gemilang yang bebas polusi.

Baca juga: Resmi, Ini 21 Mobil yang Bisa Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemprov Nusa Tenggara Barat (@ntbprov)

"Kami mengusulkan untuk membentuk komunitas kendaraan listrik Mataram sehingga dengan adanya komunitas ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa penggunaan kendaraan listrik jauh lebih baik," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Maluku Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda, berharap agar kendaraan listrik di NTB dapat terus berkembang, sehingga dari PLN akan terus memberikan support Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan kendaraan listrik mengisi energi.

"PLN telah menyiapkan 170 SPKLU, yakni tempat untuk pengisian baterai yang tersebar di wilayah NTB. Kami juga berharap agar NTB dapat terus menambah armada kendaraan listrik sehingga kami dapat terus men-suport," tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X