Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama PLN, Industri Kecil Menengah NTB Bikin Ratusan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 28/02/2021, 11:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kecil menengah (IKM) Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama PT PLN (Persero) berhasil memproduksi 152 kendaraan listrik dalam upaya mendukung program percepatan era elektrifikasi.

Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa provinsi terkait mampu dan siap memanfaatkan kendaraan listrik untuk memberikan kontribusi yang baik bagi bumi, terkhusus Indonesia.??

"Era kendaraan listrik tidak bisa dihindari.Bahkan, Joe Biden, Presiden Amerika Serikat dalam program pertamanya melarang penggalian bahan bakar fosil kembali," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah di keterangan tertulis, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Batasan Usia Mobil 10 Tahun, Bagaimana Jika Pajak Mobil Tua Dinaikkan?

Ilustrasi motor listrik. (Dok. Kredivo) Ilustrasi motor listrik.

"Sebab, dalam waktu dekat AS, Eropa, bahkan China akan menggunakan kendaraan bermotor berbasis listrik. Jadi kita bukan latah ikut-ikutan bahwa NTB akan menggunakan mobil dan motor listrik, tapi ini tuntutan dunia," lanjut dia.

Melalui pencapaian itu, Zul pun memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakt NTB karena telah berhasil membuktikan diri jika wilayahnya mampu melakukan inovasi besar yang memiliki daya saing di kancah internasional.

"Jangankan produk sederhana, kalau dikasih kesempatan IKM kita bisa memproduksi coldstorage, motor listrik, sampai alat rapid test antigen," paparnya.

Pada kesempatan sama, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran menyebut pihaknya ingin menunjukkan bahwa kendaraan listrik telah hadir di NTB sesuai dengan program NTB Gemilang yang bebas polusi.

Baca juga: Resmi, Ini 21 Mobil yang Bisa Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemprov Nusa Tenggara Barat (@ntbprov)

"Kami mengusulkan untuk membentuk komunitas kendaraan listrik Mataram sehingga dengan adanya komunitas ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa penggunaan kendaraan listrik jauh lebih baik," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Maluku Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda, berharap agar kendaraan listrik di NTB dapat terus berkembang, sehingga dari PLN akan terus memberikan support Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan kendaraan listrik mengisi energi.

"PLN telah menyiapkan 170 SPKLU, yakni tempat untuk pengisian baterai yang tersebar di wilayah NTB. Kami juga berharap agar NTB dapat terus menambah armada kendaraan listrik sehingga kami dapat terus men-suport," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com