Insentif Pajak Mulai Berlaku, Daihatsu Turunkan Harga Rp 17 Jutaan

Kompas.com - 01/03/2021, 07:02 WIB
Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Total 21 model kendaraan bermotor roda empat di dalam negeri kini sudah bisa memanfaatkan insentif pajak Pejualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen.

Lima model diwakilkan dari merek Daihatsu, yakni Granmax minibus, Luxio, Xenia, Terios, dan Rocky, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 169 Tahun 2021.

Seluruh model dianggap telah memenuhi syarat pemberian insentif, yakni memiliki kandungan komponen lokal 70 persen dan berkubikasi mesin 1.500 cc ke bawah dengan penggerak 4x2.

Baca juga: Ini Mobil Daihatsu yang Menerima Insentif Pajak 0 Persen

Ilustrasi Daihatsu Indonesia. Ilustrasi Daihatsu Indonesia.

Sedangkan untuk produk lainnya, misal seperti Sirion, Daihatsu masih mengimpor secara utuh dari Malaysia. Kemudian untuk LCGC seperti Calya dan Sigra, serta kendaraan niaga sudah menikmati PPnBM nol persen

"Kami telah menghitung penurunan atau penyesuaian harga terhadap produk yang memenuhi syarat relaksasi PPnBM," kata Division Head Marketing & Customer Relation PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/2/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih rinci, secara umum ia menyebut bahwa penyesuaian harga bakal berkisar di antara Rp 11 juta sampai Rp 17 jutaan, di mana penurunan tertinggi terjadi pada Terios.

"Gran Max Minibus penurunannya mulai dari Rp 11,3 juta sampai Rp 12,2 juta. Kalau untuk Luxio, mulai dari Rp 13,650 juta sampai Rp 15,4 juta," papar Hendrayadi.

"Sedangkan penurunan harga pada Xenia, mulai dari Rp 12,2 juta sampai Rp 14,75 jutaan. Untuk Terios, mulai Rp 14,45 juta hingga Rp 17,2 juta. Range harga tersebut dari varian rendah sampai tertinggi," lanjut dia.

Baca juga: Resmi, Ini 21 Mobil yang Bisa Menikmati Insentif Pajak 0 Persen

Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jp Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

Sebagai informasi, penghitungan penurunan harga ini berdasarkan banderolan yang berlaku di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Berikut lebih harga keempat mobil dimaksud;

Daihatsu Xenia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X