Ini Efek Buruk Setelah Mobil Terendam Banjir

Kompas.com - 23/02/2021, 16:21 WIB
Warga berjalan melewati banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Kemang banjir setinggi 1,5 meter. ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSWarga berjalan melewati banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Kemang banjir setinggi 1,5 meter.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah terutama di Jabodetabek memang sudah berangsur surut.

Akan tetapi, genangan air yang sempat merendam rumah warga hingga harta benda seperti kendaraan roda empat, tentunya akan menimbulkan masalah baru lagi.

Mobil yang terdiri dari berbagai komponen tidak anti air akan mengalami sejumlah masalah yang membutuhkan penanganan serius.

Setelah terendam air mengandung lumpur tersebut kondisi kendaraan roda empat juga tidak akan seperti sebelumnya.

Baca juga: Rem Mobil Bisa Macet Usai Terjang Banjir, Mitos atau Fakta?

Dalam artian, kotoran dari bekas banjir akan tetap menempel pada setiap bagian kendaraan sebelum dilakukan pembersihan secara menyeluruh.

Mobil yang terendam banjir sampai interiorAuto2000 Mobil yang terendam banjir sampai interior

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Christopher Sebastian, CEO & Founder XTO Car Care, mengatakan, mobil yang kebanjiran hingga terendam air akan menimbulkan permasalahan.

Permasalah yang bisa terjadi ini tidak hanya akan menimpa bagian eksteriornya saja, tetapi juga bisa merusak bagian interior mobil.

Berikut kondisi mobil setelah terendam banjir

1. Potensi kerusakan komponen

Kerusakan komponen mobil bisa terjadi setelah kendaraan terendam air banjir, terutama pada sistem elektrikalnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X