Cara Unik Simpan Motor Agar Tidak Kena Banjir, Apakah Efektif?

Kompas.com - 23/02/2021, 11:12 WIB
Cara unik menyimpan motor cegah banjir INSTAGRAM/HUJATBAPERCara unik menyimpan motor cegah banjir

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir belum lama ini melanda beberapa wilayah Jakarta. Hal ini disebabkan hujan deras yang terjadi semalaman sehingga saluran yang tersendat membuat beberapa tanggul jebol sehingga banjir.

Bagi yang tinggal di daerah rawan banjir, ada cara unik untuk menyimpan motor. Cara tersebut diunggah ke Instagram lewat akun Hujat Baper. Pada foto tersebut, terlihat sebuah motor yang diikat ke pohon sehingga roda depan terangkat.

Hal ini dikatakan untuk meminimalisir efek banjir ke motor. Mengingat ketika motor terendam, air bisa masuk lewat lubang knalpot atau air intake menuju ruang mesin, sehingga motor tidak bisa dinyalakan karena bisa rusak.

Baca juga: Belajar dari Tabrakan Maut Avanza dengan Bus, Ingat Cara Aman Menyalip

Motor terendam banjirKOMPAS.com/Gilang Motor terendam banjir

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur menanggapi gambar tersebut. Gofur mengatakan, cara tersebut bisa efektif, namun kembali lagi melihat seberapa tinggi air yang menggenangi motor ketika banjir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tergantung banjirnya seberapa (tinggi). Kalau dinaikkan tapi tetap kelelep semua ya sama aja. Kalau cuma sampai ban ya aman,” ucap Gofur kepada Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Viral, Video Pengendara Motor Diseruduk Pikap Saat Terobos Lampu Merah

Dalam foto tersebut, terlihat kalau yang digunakan adalah motor berfairing. Namun hal ini juga bisa dilakukan pada motor matik. Gofur mengatakan, selama ketinggian air di bawah setengah roda, maka motor aman dari kemasukan air.

“Cuma yang paling aman ya memindahkan motor ke tempat yang pasti tidak terkena banjir,” kata Gofur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.